Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barongsai dan Kenthongan Ramaikan Peresmian Kantor FKUB Banyumas

Kompas.com - 11/04/2013, 18:56 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Ribuan warga dan umat dari berbagai agama dan kepercayaan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2013) menggelar kirab budaya menyambut peresmian kantor sekretariat Forum Kerukunan Umat Baragama (FKUB) di Purwokerto. Kantor tersebut diresmikan langsung oleh Guberbur Jateng Bibit Waluyo.

Kirab FKUB dimulai dari alun-alun Purwokerto menggunakan delman-delman yang dinaiki para tokoh agama, penghayat kepercayaan, dan organisasi keagamaan. Mereka juga menampilka atraksi barongsai hingga tradisi kentongan di atas truk untuk meramaikan pawai.

Peresmian sekretarian FKUB diikuti perwakilan dari 36 unsur agama serta organisasi kemasyarakatan (ormas) dari tujuh iman yang ada di Kabupaten Banyumas. Ke-36 unsur agama dan ormas tersebut yakni Ahlul Bait Indonesia, Jamaah Ahmadiyah, Jamaah Tabligh, Lembaga Dakwah Islam Indonesia, Al Irsyad, Persatuan Islam Tionghoa, Dewan Dakwah Islam Indonesia, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, Muslimat NU, Hizbut Tahrir Indonesia, Gerakan Pemuda Anshor, Aisyiyah, Fatayat NU, Nasyiyatul Aisyiyah, dan Pemuda Muhammadiyah.

Unsur yang lain dari Jama'atul Muslimin, Katolik, Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia, Kristen Bethel, Kristen Indonesia, Kristen Baptis, Kristen Advent, Kristen Jawa, Kristen Pantekosta, Kristen Injili, Paguyuban Ngesti Tunggal, Perjalanan Tri Luhur, Paguyuban Budaya Bangsa, Hindu, Vihara Prajna Maitreya, Buddha Dharma Indonesia, Khonghucu, Sapta Darma, Majelis Budhayana Indonesia, dan Penghayat Tri Tunggal Bayu.

Kantor FKUB Banyumas berlokasi di Jalan A Yani, Purwokerto. Ketua FKUB Kabupaten Banyumas Mohammad Roqib mengatakan, Kantor Sekretariat FKUB Banyumas diharapkan menjadi sarana sosialisasi kepada para pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat tentang keberadaan dan kegiatan FKUB di Kabupaten Banyumas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com