Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sawah di Morotai Kekeringan di Musim Hujan

Kompas.com - 11/04/2013, 18:03 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Petani di Desa Tiley, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara mengalami masa-masa sulit. Betapa tidak, meski dalam kondisi musim hujan, namun sawah mereka mengalami kekeringan. Ini karena sistem irigasi sawah yang kurang baik.

Yahya Malan (69) salah satu korbannya.  Hampir satu hektar lahan sawah Yahya mengalami kekeringan. Akibatnya, bibit tanaman padi yang sudah ditanam banyak yang mati. "Ya begitulah nasib petani di sini pak, biar hujan tapi sawah-sawah kering. Coba lihat saja itu, tanahnya sampai pecah karena tidak ada air," ungkap Yahya saat disambangi di sawahnya, Kamis (11/4/2013).

Kondisi ini sangatlah kontras dengan kondisi alam di daerah tersebut. Pasalnya, hampir dua pekan ini di Morotai terlebih lagi di kawasan persawahan itu mengalami musim hujan. Sayang hujan turun pada sore hari sehingga upaya petani menampung air menjadi sangat sulit.  Belum lagi setiap pagi hingga siang hari, terik mentari begitu menyengat. Membuat asupan air di persawahan tidak mencukupi.

Sebetulnya, di kawasan persawahan Desa Tiley telah dibangun sebuah bendungan sejak tahun 1980an. Namun kondisinya hingga kini sangat memprihatinkan karena tidak lagi terurus sejak dibangun. Lebih lagi, sistem irigasinya tidak optimal.

"Saluran airnya cuma satu saja, jadi kalau petani yang dekat dengan saluran keluar sudah ambil airnya kita yang dibelang sudah tidak dapat air lagi. Dulunya kita hanya harap air hujan, tapi sekarang kalau cuma air hujan saja itu tidak mampu karena hujan hanya sedikit meski tiap hari," jelas Yasri Pelu (42) petani lainnya.

Para petani lantas berharap Pemerintah Daerah secepatnya dapat membangun irigasi di desa tersebut. Mengingat sawah yang ada di kawasan tersebut luasnya mencapai ratusan hektar. Para petani yang ditemui di lokasi persawahan mengaku luas areal sawah di Desa Tiley termasuk desa tetangganya Desa Usbar, mencapai 400-an hektar.

Hanya saja, saat ini yang bisa digarap cuma seluas kurang lebih 100 hektar. "Kalau pemerintah daerah di sini serius untuk bantu para petani di sini, saya yakin orang di Morotai ini saja tidak mampu beli beras yang dihasilkan petani di sini. Bayangkan saja ada 400 hektar lebih sawah tapi tidak digarap," kata Yasri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com