Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Sanca 4 Meter Ditangkap Warga Makasar

Kompas.com - 11/04/2013, 13:57 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seekor ular jenis sanca batik sepanjang 4 meter ditangkap oleh warga Jalan Kamboja, RT 01 RW 07, Kebon Pala, Makasar, Jakarta Timur, Rabu (10/4/2013) dini hari. Ular tersebut pun jadi tontonan warga.

Sumantri (35), warga yang menampung ular itu menuturkan, semula ular tersebut ditemukan oleh tetangganya bernama Udin yang tengah mencari burung untuk dijualnya kembali. Tiba-tiba, ia melihat ular sanca sebesar paha orang dewasa melilit di pohon bambu, tepi Kali Cipinang.

"Nemunya di pinggir kali, mau ditangkap tapi enggak berani, soalnya ukuran segitu enggak bisa ditangkap sendiri," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/4/2013) siang.

Udin pun kemudian pulang ke rumahnya untuk mengajak rekan-rekannya yang lain. Setelah mendapatkan teman, udin dan kawan-kawan kemudian menangkap ular Sanca itu dan dimasukkan ke dalam tas ransel hitam. Ular tersebut pun dibawa Udin dan rekan ke rumah.

Keesokan harinya, ular tersebut ditaruh di kotak kayu berukuran sedang di rumah Sumantri. Sebab, rumah Udin tak cukup menampung ular itu. Terlebih, Udin sehari-hari bekerja berjualan mainan dan burung, oleh sebab itu ular tersebut diberikan kepada Sumantri untuk sementara.

"Ngerinya enggak ada yang mantau, kalau tiba-tiba lepas kan ngerepotin warga sini. Apalagi di sini banyak anak kecil, ngeri digigit, makanya ditaruh dalam kotak yang aman," ujarnya.

Penemuan ular tersebut pun didengar dari telinga ke telinga warga sekitarnya. Warga, terutama ibu-ibu dan anak-anak, berbondong-bondong melihat keberadaan ular yang sejak ditangkap belum diberikan makanan tersebut.

Sebuah kotak yang disediakan untuk uang sumbangan pun disediakan di dekat rumah baru ular tersebut. Rencananya, lanjut Sumantri, ular tersebut akan dijual jika ada warga yang berminat membelinya. Sesuai pembicaraan sebelumnya dengan Udin dan rekan-rekan yang menangkapnya, ular itu akan dijual dengan harga Rp 1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com