Kompas.com - 09/04/2013, 22:54 WIB
|
EditorFarid Assifa

BANDUNG, KOMPAS.com - Sepuluh satwa langka yang disita dari para kolektor oleh Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat, ditampung di Kebun Binatang Kota Bandung. 

Sepuluh satwa sitaan yang ditampung oleh Kebun Binatang kota Bandung itu adalah tiga ekor merak hijau, satu ekor kakatua jambul jingga, satu ekor kakatua jambul kuning, satu ekor Mambruk (burung dara mahkota), satu ekor elang putih, satu ekor elang hitam, satu ekor burung hantu ketupu, dan satu ekor anak kucing hutan yang baru berumur sebulan.

"Untuk sementara ini hewan-hewan tersebut kita karantina untuk dilakukan observasi," kata dokter hewan kebun binatang Bandung, Effy Sofiyanty saat ditemui di Bandung, Selasa (9/4/2013).

Effy menambahkan, sepuluh satwa itu dititipkan oleh BKSDA 5 April 2013 kemarin. Selain anak kucing hutan yang baru berumur satu bulan, sembilan hewan lainnya sudah berumur cukup tua. 

Selain itu, lanjut Effy, hingga saat ini belum ada kejelasan dari pihak BKSDA tentang nasib dari sepuluh satwa tersebut. "Kita menunggu keputusan dari BKSDA, belum tahu mau diapakan. Apakah akan disimpan di sini atau dikembalikan ke habitat," jelasnya.

Setelah empat hari berada di kebun binatang, kata Effy, satwa-satwa tersebut bakal mulai terbiasa. "Rencananya kita akan pindahkan ke kandang besar karena kasihan kalau di kandang kecil terus," ujarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.