Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PVMBG: Kondisi Gunung Guntur Kritis

Kompas.com - 09/04/2013, 19:52 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono mengatakan, gunung Guntur yang statusnya waspada kondisinya mulai kritis. Beberapa hari ini, sering terjadi gempa tremor yang tak pernah berhenti.

"Kondisi Guntur sekarang kritis, soalnya sudah 150 tahun tidak meletus lagi," jelas Surono saat mendatangi langsung Pos Pengamatan Gunung Guntur, Garut, Selasa (9/4/2013).

Surono menambahkan, hasil pengamatan selama ini gempa tremor telah terjadi tiga kali setelah gunung ini ditetapkan satusnya dari normal ke waspada. Sedangkan hari ini gempa tremor terjadi secara terus menerus sampai siang tadi. Kondisi ini perlu kewaspadaan penuh, karena jika terus terjadi gempa tremor, gunung berpotensi meletus. Apalagi, diprediksi gunung ini akan meletus dahsyat setelah "tertidur" selama ratusan tahun.

"Kalau sudah gempa tremor, biasanya sudah meletus. Ini ciri gempa terakhir sebelum terjadi letusan," ungkapnya.

Jika gunung ini sampai meletus, lanjut Surono, diprediksi letusan besar akan terjadi sampai satu bulan. Pasalnya, kondisi gunung yang lokasinya dekat dengan perkotaan Garut ini, memiliki gumpalan tanah yang sangat besar.

"Sudah gempa tremor belum meletus, bisa disebabkan ada faktor alam yang menyumbat aliran lava. Gunung ini punya sejarah besar. Mudah-mudahan tak sampai terjadi letusan," pungkas Surono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com