Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rel Tertimbun Longsor, Jalur KA Bandung-Tasik Sempat Terputus

Kompas.com - 07/04/2013, 14:34 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Tanah longsor menimbun jalur rel kereta api (KA) di Bojongsalam, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Sabtu (7/4/2013) malam sekitar pukul 23.30. Kejadian itu menyebabkan Jalur kereta api dari arah Bandung menuju Tasikmalaya dan sebaliknya terputus.

"Iya, telah terjadi longsor yang menghalangi jalur rel kereta api arah Bandung-Tasik dan sebaliknya," kata Kepala Polisi Resort Garut, Ajun Komisaris Besar Polisi Umar Surya Fana, kepada Kompas.com, Minggu (7/4/2013).

Menurut Umar, kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, tumpukan material longsoran sempat menimbun rel kereta api, dan telah berhasil dievakuasi oleh anggota kepolisian dan warga setempat. Saat ini, jalur kereta telah bisa dilalui kembali setelah sempat terputus mulai Sabtu malam, sampai Minggu siang.

"Sekarang jalur rel sudah kembali normal dan telah dibuka kembali untuk dilintasi kereta api," ujar Umar. Kejadian serupa pernah terjadi di lintasan rel sekitar Stasiun Bumi Waluya, Malangbong, Garut. Jalur rel yang masih satu arah ini tertimbun material longsoran tebing di sampingnya. Kondisi tanah di sekitar jalur rel kawasan Garut, memang diketahui memiliki struktur tanah yang labil dan rawan longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com