Kompas.com - 06/04/2013, 18:46 WIB
|
EditorTri Wahono

TIMIKA, KOMPAS.com - Penyerangan terhadap pekerja disertai perusakan fasilitas kembali terjadi di areal PT Freeport Indonesia. Dua buah alat berat (excavator) ditemukan dalam kondisi terbakar di Mil 36, Tanggul Timur, areal PT Freeport Indonesia, Sabtu (6/4/2013) pagi tadi.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, kejadian pembakaran dua excavator yang dioperasikan PT Kuala Pelabuhan Indonesia dengan nomor lambung 11-141 dan 11-148 diduga berlangsung sekitar pukul 04.00 WIT.

Terkait peristiwa pagi tadi, dibenarkan juru bicara PT Freeport Indonesia, Daisy Primyanti. Daisy mengaku telah mendapat laporan bahwa 2 excavator milik PT Freeport Indonesia terbakar di Tanggul Timur dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Hingga sore tadi, personel Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) Objek Vital Nasional PT Freeport Indonesia, masih melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

Dugaan sementara pembakaran dilakukan oleh kelompok bersenjata tak dikenal yang kerap melakukan penyerangan di areal tambang.

Hingga sore ini, aparat kepolisian belum dapat dikonfirmasi terkait kejadian yang berlangsung pagi tadi, karena Kapolres Mimika, AKBP Jermias Rontini bersama komandan Satgaspam Obvitanas PT Freeport Indonesia dan Komandan Brimob Detasemen B Polda Papua masih berada di TKP.

Sejak 2009 lalu, tercatat kurang lebih 14 orang pekerja dan aparat kepolisian tewas akibat aksi penembakan dan penyerangan oleh kelompok bersenjata tidak dikenal di areal PT Freeport Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.