Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UN untuk Daerah Terpencil Mulai Dikirim

Kompas.com - 05/04/2013, 23:34 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat ini, sebagian naskah soal Ujian Nasional (UN) 2013 ternyata sudah mulai didistribusikan khususnya untuk daerah terpencil atau di kepulauan-kepulauan kecil.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang menargetkan saat H-1 pelaksanaan UN, naskah soal harus sudah sampai di titik penyimpanan rayon.

Kepala Pusat Penerangan Pendidikan Kemdikbud Hari Setiadi mengatakan bahwa untuk daerah terpencil mulai saat ini sebagian naskah soal UN sudah dikirimkan.

Pengiriman lebih awal dilakukan karena pemerintah khawatir naskah soal terlambat jika pengirimannya dilakukan bersamaan dengan daerah-daerah lain yang mudah dijangkau transportasi.

"Untuk daerah remote H-10 sudah mulai dikirim. Itu sudah yang paling ideal menurut kami," kata Hari saat jumpa pers pelaksanaan UN 2013 di Gedung C Kemdikbud, Jakarta, Jumat (5/4/2013).

"Naskah soal terlalu lama di luar itu tidak boleh, tapi juga tidak boleh terlambat sampai ke titik penyimpanan," imbuh Hari.

Untuk itu, lanjut Hari, pihaknya membagi waktu distribusi antara daerah terpencil dan daerah yang memiliki akses mudah dan dekat.

Ia menambahkan, pengiriman untuk daerah yang dekat dan mudah diakses bisa saja dilakukan H-3 atau H-2 dari pelaksanaan UN.

"Memang targetnya, H-3 sudah bisa didistribusikan. Tapi untuk yang dekat dengan percetakannya, H-2 dikirim juga tidak akan masalah," tandasnya.

Seperti diketahui, distribusi naskah soal ini akan dikawal ketat kepolisian dan tim dari Inspektorat Jenderal Kemdikbud hingga titik terakhir penyimpanan, bahkan hingga saat pelaksanaan nanti.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dugaan kecurangan yang selama ini kerap berembus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com