Kompas.com - 05/04/2013, 18:24 WIB
|
EditorFarid Assifa

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Minimarket Alfa Midi Polewali Mandar mendapat teguran keras dari Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar. Teguran tersebut terkait dugaan penipuan harga-harga barang untuk menarik pelanggan.

Minimarket Alfa Midi memajang harga barang lebih murah di konter barang, tetapi saat konsumen membayar di kasir harganya melonjak. Bagi konsumen yang tidak teliti, hal ini tentu tak disadari. Namun, mereka yang jeli berbelanja akan tahu perbedaan harga yang cukup mencolok.

Dugaan manipulasi harga-harga barang tersebut ditemukan petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta staf ahli Perekonomian dan Pembangunan Polewali Mandar saat razia pasar tradisional dan pusat-pusat swalayan ternama di daerah ini selama sepekan.

Di Alfa Midi Cabang Polewali Mandar, misalnya, petugas menemukan adanya dugaan manipulasi harga-harga barang yang merugikan konsumen. Harga susu kaleng coklat cap Bendera tertera di konter seharga Rp 7.400 per kaleng. Namun, setelah konsumen membayar di kasir, harganya berubah menjadi Rp 12.000 per kaleng atau naik lebih dari Rp 4.000.

Saat razia minimarket dan toko grosir lainnya, petugas juga menemukan adanya sejumlah barang kedaluwarsa yang masih dijajakan di pertokoan atau swalayan. Selain itu, petugas juga menemukan adanya disparitas harga-harga sembako yang mencolok, seperti bawang dan cabai antara harga di pasar tradisional yang lebih murah 50 persen dari harga di sejumlah minimarket.

Petugas juga menemukan adanya sejumlah timbangan dan takaran yang tidak pas dan merugikan konsumen.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Pemda Polewali Mandar Darwin Badaruddin menegaskan, pihaknya akan memberi teguran keras kepada Alfa Midi yang menipu konsumen. Konsumen bukannya mendapat diskon, malah harganya jadi melonjak.

Terkait dugaan penipuan harga, kata Darwin, pengelola Alfa Midi beralasan belum mengubah label harga di konter sehingga berbeda dengan di kasir. Namun, dia menganggap penjelasan ini tak masuk akal bagi toko besar seperti Alfa Midi. Menurutnya, minimarket yang menerapkan manajemen modern masih melakukan kesalahan fatal yang merugikan konsumen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X