Kompas.com - 05/04/2013, 17:03 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya melakukan pengamanan super ketat jelang Pertemuan Tingkat Menteri Kerjasama Ekonomi Negara-negara Asia Pasifik (APEC) di Surabaya yang akan digelar mulai 6 hingga 21 April mendatang.

Sebanyak 12 polisi penembak jitu (sniper) akan disiagakan di sekitar area lokasi hotel tempat pertemuan dan tempat menginap para delegasi, yakni di sepanjang Jalan Embong Malang, Surabaya.

''Penempatan sniper ini untuk mengantisipasi aksi teroris,'' kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Tri Maryanto seusai gelar pasukan, Jumat (5/4/2013).

Para sniper itu, kata Tri Maryanto, dibekali senjata laras panjang G3 kedap suara. Selain sniper, juga dikerahkan tim Gegana yang sudah melakukan sterilisasi lokasi sejak kemarin.

Forum APEC di Surabaya dibagi menjadi dua rangkaian. Senior Officers Meeting (SOM) II pada 7-19 April yang dihadiri pejabat peserta APEC setingkat direktur jenderal. Bagian kedua pada 19-21 April, diadakan Ministers Responsible for Trade (MRT) yang dihadiri pejabat setingkat menteri perdagangan. Jumlah delegasi diperkirakan mencapai 2.000 orang dari 21 negara.

Selama penyelenggaraan APEC, mereka akan terlibat dalam sedikitnya 38 pertemuan. Dua hotel, JW. Marriot dan Sheraton di Jalan Embong Malang, akan menjadi tempat berlangsungnya pertemuan-pertemuan utama forum APEC ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.