Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Hilir Dongkrak Harga Patin

Kompas.com - 05/04/2013, 11:50 WIB
Irma Tambunan

Penulis

MUARO JAMBI, KOMPAS.com - Industri hilir pengolahan ikan patin tumbuh di Jambi dengan produksi 3 ton fillet patin per hari. Kehadiran PT Indomaguro Tunas Unggul ini diharapkan akan terus mendongkrak harga patin sebagai ikan unggulan Jambi.

Indomaguro Tunas Unggul ( UPI) merupakan usaha milik Pemerintah Muaro Jambi. Investasinya berasal dana daerah serta bantuan Pemerintah Pusat . UPI yang beroperasi sejak Maret lalu telah menghasilan 3 ton fillet patin, namun kapasitas produksi dapat ditingkatkan hingga 5 ton per hari.

Menteri Kelautan dijadwalkan akan meresmikan industri hilir yang berlokasi di Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, ini Sabtu (6/4/2013).

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi, Syaifuddin mengatakan, keberadaan industri hilir mendorong tingginya serapan pasar akan hasil panen patin petani lokal. "Itu sebabnya harga terus meningkat," ujarnya, Kamis (5/4/2013).

Harga patin di pasaran bahkan lebih tinggi dibanding patin yang dibeli pabrik. Patin yang dijual ke Pasar Angso Duo memiliki harga Rp 12.000 per kilogram, sedangkan patin yang diserap pabrik masih pada harga Rp 11.000.

"Harga beli pabrik lebih rendah karena sudah adanya kesepahaman dan kontrak antara petani dan pabrik mengenai harga," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com