Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Pilkada Maluku Utara Minim

Kompas.com - 04/04/2013, 16:09 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Dana untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah Maluku Utara yang dialokasikan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara dinilai sangat minim.

"Dari dana yang semula kami usulkan sebesar Rp 143 miliar, akhirnya hanya disetujui oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Rp 55 miliar," kata anggota KPU Maluku Utara Aji Deni yang dihubungi dari Ambon, Maluku, Kamis (4/4/2013). Dana sebesar Rp 55 miliar itu hanya untuk satu putaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah Maluku Utara.

Dengan dana yang minim, Aji mengatakan, terpaksa membatalkan sejumlah kegiatan yang semula telah direncanakan KPU Maluku Utara. Di antaranya kegiatan sosialisasi, monitoring, dan supervisi oleh KPU Maluku Utara di kabupaten/kota di Maluku Utara.

Karena itu, Aji khawatir dana yang minim bisa membuat proses pelaksanaan pilkada Maluku Utara tidak berkualitas. " Kami tentunya berupaya agar pilkada masih berkualitas meski dengan anggaran yang terbatas," tambahnya.

Pemilihan kepala daerah Maluku Utara akan dilakukan tanggal 1 Juli 2013. Sudah ada enam pasangan bakal calon yang mendaftar ke KPU Maluku Utara. Lima pasangan berasal dari jalur politik sedangkan satu lagi dari jalur independen.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com