Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Group Berinvestasi Rp 3,5 Triliun di Batam

Kompas.com - 04/04/2013, 02:59 WIB

Batam, Kompas - Lion Group menginvestasikan Rp 3,5 triliun untuk membangun fasilitas perawatan pesawat pertama di Batam, Kepulauan Riau. Langkah Lion akan diikuti Ilthabi Rekatama, perusahaan milik keluarga BJ Habibie.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan (BP) Batam Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, fasilitas perawatan (maintenance, repair, and overhaul) Lion dibangun dua tahap di kompleks Bandar Udara Hang Nadim. Tahap pertama seluas 4 hektar akan beroperasi pertengahan tahun ini. ”Tahap kedua mendapat alokasi lahan 12 hektar. Total dialokasikan 16 hektar dengan masa sewa lahan 25 tahun,” ujarnya, Rabu (3/4), di Batam.

Untuk tahap pertama, Lion menanamkan Rp 500 miliar yang mampu menampung 12 pesawat sekelas Boeing 737 atau Airbus A320. Untuk tahap kedua, diinvestasikan Rp 3 triliun dengan kapasitas 16 pesawat.

Manajer Perawatan Berat Lion Group Ronny Roozano mengatakan, awalnya Lion Group memang melirik Malaysia sebagai lokasi tahap kedua yang butuh lahan lebih luas. Namun, Batam lebih menarik sehingga Lion memutuskan membangun tahap kedua di Batam.

Fasilitas di Batam akan melayani pesawat-pesawat Lion Group. Lion Group terdiri dari Lion Air, Batik Air, Wings Air, dan Malindo Air. ”Dengan fasilitas ini, kami bisa merawat sendiri pesawat-pesawat kami. Kami menggandeng pabrikan yang sudah bersedia mengerjakan perbaikan dan perawatan di Batam,” ujarnya.

Sementara itu, maskapai penerbangan Mandala Airlines membuka dua rute baru, Jakarta-Singapura dan Jakarta-Denpasar, dengan frekuensi penerbangan satu kali setiap hari mulai 8 April.

Untuk merayakan pembukaan rute baru tersebut yang juga bertepatan dengan bulan perayaan ulang tahun pertamanya sejak kembali beroperasi pada 2012, Mandala memberikan promo spesial, ”Perginya Bayar, Pulangnya Dibayarin!”. Penumpang cukup membayar tiket pergi dan mendapat tiket pulang dengan cuma-cuma. Harga tiket pun sangat kompetitif, dimulai dari Rp 300.000 untuk rute Jakarta-Singapura dan Rp 394.000 untuk rute Jakarta-Denpasar. Harga belum termasuk pajak dan fasilitas lain.

Maskapai Citilink membuka rute baru dari Jakarta, yakni ke Bengkulu, Jambi, Semarang, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pandan. Penerbangan perdana ke Bengkulu, Jambi, dan Semarang dilakukan kemarin, sementara penerbangan ke Pangkal Pinang dan Tanjung Pandan dilakukan Jumat. (ADH/RAZ/ARN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com