Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKL Jatim Janjikan Enam Juta Suara untuk Khofifah

Kompas.com - 03/04/2013, 15:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Aksi dukung mendukung cagub dan cawagub menjelang Pilgub Jatim Agustus nanti tidak hanya dilakukan oleh partai politik. Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Jatim menjanjikan enam juta dukungan suara untuk kandidat calon gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansah.

Dukungan tersebut, kata Ketua APKLI Jatim, Ahmad Rifai, didasari keyakinan bahwa figur Ketua Umum Muslimat NU tersebut mampu menurunkan kebijakan kebijakan untuk menyejahterakan pedagang kaki lima di Jatim. ''Kami juga termasuk komponen yang mampu menggerakkan ekonomi lokal, karena itu kami juga berhak disentuh melalui program-program pemerintah,'' ujarnya, Rabu (3/4/2013).

Rifai mengklaim akan mampu mengumpulkan enam juta dukungan suara bagi Khofifah nanti. Jumlah itu kata dia adalah total jumlah PKL di 38 kabupaten dan kota seluruh Jatim. ''Jumlah dukungan itu mampu mengusung Khofifah menjadi cagub independen,'' jelas Rifai.

Alasan lain, APKLI Jatim mendukung Khofifah karena merasa tidak difasilitasi kepentingannya oleh pasangan gubernur dan wakil gubernur saat ini yakni Soekarwo Saifullah Yusuf.

Pada pilgub 2008 lalu, APKLI mendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf bahkan keduanya dengan APKLI Jatim sempat membuat MoU dalam hal pembinaan dan penataan PKL. ''Namun perjanjian itu hanya palsu, sampai saat ini, kami tidak pernah tersentuh program, justru penggusuran PKL sering terjadi di mana-mana,'' jelas Rifai.

Sementara itu, Khofifah hingga saat ini belum juga menyebut siapa yang akan menjadi cawagub pendampingnya. Sejumlah nama yang dikabarkan terus melakukan komunikasi politik antara lain, Wakil Walikota Surabaya dari PDIP, Bambang Dwi Hartono, dan fungsionaris DPP Golkar Ridwan Hisjam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com