Kompas.com - 02/04/2013, 19:07 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua tersangka pencurian, Supratono alias Merem (20) dan Sigit Anto alias Sigit bin Supriyanto (30), menjual sepeda motor hasil curian kepada dua penadah Muhamad Ridwan Jahari dan Fadli Muhayat sebesar Rp 800.000. Biasanya motor-motor tersebut mereka dapatkan dari hasil curian di sekitar wilayah Kalideres, Jakarta Barat.

"Saya jual ke penadahnya Rp 800.000 satu motor, tapi tanpa STNK maupun BPKB," kata Merem di Mapolsek Kalideres, Selasa (2/4/2013).

Merem mengungkapkan, sejak Desember 2012 sampai sekarang, dirinya sudah empat kali melakukan pencurian sepeda motor. Biasanya, dia melancarkan aksinya pada dini hari sambil membawa gerobak pemulung.

Pria yang baru lima bulan keluar dari penjara ini menggunakan uangnya untuk kehidupan sehari-hari. Dia belajar memetik motor dengan cara otodidak menggunakan T dan kunci L.

Sementara Ridwan, salah satu penadah, mengungkapkan, dirinya sudah empat kali menerima motor curian dari Merem. Dalam satu kali pembelian, dia mengeluarkan uang sebesar Rp 800.000, kemudian dia jual kembali sebesar Rp 1.300.000.

Ridwan mengungkapkan, biasanya dia menjual motor ke daerah Blora, Jawa Tengah. Pembeli motor tersebut biasanya menjual motornya kepada pedagang-pedagang di sekitar Jawa Tengah.

Sebelumnya, dua orang pemantik kendaraan roda dua, Supratono alias Merem (20) dan Sigit anto alias Sigit bin Supriyanto (30), ditangkap Polsek Kalideres karena mencuri enam kendaraan bermotor. Mereka menjalankan aksinya dengan berpura-pura sebagai pemulung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain dua orang pemetik, polisi juga menangkap dua penadah yaitu Muhamad Ridwan Jahari dan Fadli Muhayat, di Jalan Prepedan Raya, Kalideres. Motor yang mereka dapatkan berasal dari hasil curian Supratono dan Supriyatno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.