Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Kecil di Gresik Dapat Bantuan Peralatan

Kompas.com - 02/04/2013, 15:12 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com  — Kementerian Perindustrian siap memberikan bantuan mesin dan peralatan untuk 70 industri kecil dan menengah di Gresik, Jawa Timur. Pelaku industri kecil dan menengah, Selasa (2/4/2013), juga mendapatkan pelatihan.

Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Wilayah II, Gati Wibawaningsih, kepada peserta pelatihan juga menjanjikan berpameran gratis di Jakarta untuk peserta terbaik dari kalangan industri pangan, kerajinan, dan sandang. Peserta juga mendapat potongan pembelian mesin peralatan sebesar 25-30 persen dari harga, apabila membeli tambahan mesin di luar paket.

Dana alokasi potongan harga yang dikucurkan sebesar Rp 10 miliar untuk tujuh provinsi, termasuk Jatim. "Potongan harga 25 persen untuk mesin produk impor dan 30 persen untuk produk dalam negeri," katanya.

Pelatihan kali ini diikuti 20 pelaku industri pangan, yaitu industri kecil yang mengolah hasil laut, 20 industri kerajinan pembuat rebana, dan 30 industri sandang pembuatan busana muslim. Mereka akan diberi pelatihan sesuai bidang usahanya oleh para pakar yang mahir dibidangnya.

Anggota Komisi VI DPR RI Edy Kuntadi menyatakan, langkah itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas produksi yang sekaligus meningkatkan daya saing.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menilai, pelatihan untuk IKM industri pangan pengolahan hasil laut sangat bagus karena hasil ikan laut melimpah. Biasanya kelebihan produksi yang tidak terjual ini dipakai untuk industri pangan lain misalnya kerupuk, petis. "Pelatihan serta bantuan mesin-mesin diharapkan akan meningkatkan produksi industri kecil menengah di Gresik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com