Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman: Ada Siswa Punya Anak Tidak Dikeluarkan

Kompas.com - 02/04/2013, 14:30 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - M Sudirman (17), siswa Kelas XII yang dikeluarkan hingga tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Nasional (UN) oleh sekolahnya lantaran ketahuan telah menikah, merasakan ketidakadilan. Pasalnya, ada teman satu sekolah yang juga berstatus menikah dan punya anak, namun tak dikenakan sanksi sekolah tersebut.

"Ada teman saya sudah menikah juga. Malahan sudah punya anak, tapi dia enggak dikeluarkan sama sekolah. Kenapa saya dikeluarkan?" ujar Sudirman saat menggelar testimoni di Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Jakarta Timur, Selasa (2/4/2013) siang.

Remaja yang tinggal di Kampung Pekong, Desa Saga, Balaraja, Tangerang, Banten tersebut pun memiliki dugaan negatif terkait adanya praktik nepotisme yang dilakukan guru serta kepala sekolah SMA-nya. Sebab, rekan yang dimaksud rupanya memiliki hubungan kekerabatan dengan salah satu guru di sekolah negeri tersebut.

"Si gurunya itu seperti menutup-nutupi ke lingkungan sekolah kalau teman saya menikah. Saya jadi bertanya-tanya, apa itu karena dia saudara guru di sekolah saya," tanya Sudirman.

Sudirman mengungkapkan, selain dirinya, masih ada tiga orang murid SMA lain yang bernasib sama dengannya. Namun, hanya satu orang yang disebutkan sebelumnya tidak dikenakan sanksi, sementara dua siswa lainnya dikeluarkan dan terancam tidak bisa mengikuti Ujian Nasional.

Muhammad Sudirman, adalah siswa kela XII SMA 7 Tangerang. Putra bungsu pasangan suami istri Suwandi dan Ilah tersebut dikeluarkan dari SMA sekaligus tak diperbolehkan mengikuti UN pada 6 Maret 2012 lalu lantaran dianggap melanggar salah satu aturan sekolah dengan menikah. Sudirman mengaku kecewa dengan perlakuan yang diterima dari sekolahnya.

Di sisi lain, ia mengakui kesalahan telah menikah meski masih berstatus sebagai pelajar. Namun, Sudirman mengaku pernikahan tersebut adalah sebuah pelajaran berharga dalam hidupnya dan Sudirman tak ingin mengabaikan pendidikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com