Kompas.com - 02/04/2013, 06:54 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan pada Selasa (2/4/2013) ini akan kembali berkonsolidasi usai melemah pada perdagangan sebelumnya. Sentimen negatif dari penutupan bursa global semalam waktu Indonesia menekan pergerakan indeks.

Indeks Dow Jones industrial average melemah tipis 0,04 persen ke level 14.572. Indeks S&P500 turun 0,45 persen ke level 1.562 dan Indeks Komposit Nasdaq merosot 0,87 persen ke level 3.239.

Merosotnya data manufaktur Amerika Serikat pada bulan Maret di luar dugaan dan ekspektasi para analis menjadi penekan investor melepaskan saham-saham mereka. Kemarin IHSG sendiri ditutup melemah tipis 3 poin (0,07 persen) ke level 4.938. Total volume perdagangan sebesar 6,5 miliar lembar saham dengan nilai transaksi sebesar Rp 5,6 triliun.

Nilai tukar rupiah ditutup di level Rp 9.742 per dollar AS. Tercatat 140 saham naik, 114 saham turun dan 115 saham tetap. Saham-saham yang menopang kenaikan indeks kemarin adalah GGRM, LPPF, VIVA, PTBA dan ICBP. Saham-saham yang menekan indeks antara lain BBCA, TLKM, UNVR, PGAS dan BMRI.

Pada perdagangan hari ini, riset Trust Securities memerkirakan IHSG akan berada pada level dukungan 4.915-4.930 dan resisten 4.951-4.964. Secara teknikal, indeks berpola menyerupai shooting star sentuh upper bollinger bands (UBB).

MACD mencoba golden cross dengan histogram negatif yang memendek. RSI, William's %R, dan Stochastic masih bertahan upreversal. Penutuan IHSG yang melemah tipis masih dalam kisaran target dukungan dan resisten (4.905-4.955) memperlihatkan bahwa masih adanya daya beli untuk menahan pelemahan IHSG. Secara intraday, IHSG masih bergerak mendatar sehingga masih dibutuhkan sentimen positif kuat lainnya jika ingin mengantarkan ke zona hijau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.