Arya Wiguna: Istri Keenam Eyang Subur Keponakan Saya

Kompas.com - 01/04/2013, 19:54 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com — Seperti halnya Adi Bing Slamet,  Arya Wiguna, salah satu mantan pengikut Eyang Subur, tak henti-hentinya "menyerang" mantan "guru spiritual"-nya itu. 

Saat mendatangi Polda Metro Jaya, Senin (1/4/2013), untuk melaporkan tindakan Eyang Subur, Arya kembali membeberkan sejumlah hal terkait si Eyang.

Menurutnya, selama tujuh tahun mengikuti Subur, ia pernah mendengar bahwa kekuatannya akan sempurna bila beristri sembilan. "Iya itu ucapan dia dulu. Eyang yang bilang sendiri, ke tamu-tamunya juga dia selalu bilang gitu," ungkap Arya.

Arya juga mengungkapkan bahwa istri Subur sampai saat ini berjumlah delapan dan satu di antaranya adalah saudara Arya. "Yang saya tahu ada delapan. Istri keenam itu keponakan saya. Istri kedelapan itu mantan istrinya Septian Dwi Cahyo," tambahnya.

Tak hanya soal istri, Arya juga mengungkapkan sumber harta yang didapat Eyang Subur. Menurut Arya, Subur selalu meminta tamu-tamunya agar membawa uang. "Subur itu sering nyuruh ke tamu bawa duit puluhan juta. Ya bisa jadi kekayaan dia dari situ kan, dari tamu-tamunya," lanjut Arya.

Berdasarkan pengalamannya, Subur tidak memperkenankan tamu-tamu itu melaksanakan zakat, tapi uang itu dialihkan untuknya. "Zakat aja enggak boleh, kirim uangnya hanya boleh ke Subur," tutupnya. 

Sementara itu, kuasa hukum Eyang Subur, Ramadhan Alamsyah, dalam sejumlah kesempatan, berkali-kali membantah tudingan itu. Ia bahkan meminta sejumlah orang yang berseberangan dengan Eyang mengumpulkan bukti dan melaporkannya kepada pihak berwajib bila tudingan itu benar adanya. Pihaknya akan menghadapinya secara hukum.    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.