Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seribu Lembar Merah Putih Dikibarkan di Aceh Barat

Kompas.com - 01/04/2013, 17:17 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com -- Warga Aceh Barat akan mengibarkan sebanyak 1.000 lembar bendera merah putih di wilayah itu, Senin (1/4/2013) malam. Sebelumnya, pada Minggu (31/3/2013) malam, sekitar 500 lembar bendera merah putih telah mereka kibarkan.

Teuku Raja Abdullah, salah seorang warga yang turut dalam pengibaran bendera merah putih secara massal tersebut, mengungkapkan bahwa pengibaran bendera tersebut sebagai wujud protes terhadap pengesahan Qanun Bendera dan Lambang Aceh, yang mengadopsi simbol-simbol Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Sejak kami lahir, yang kami tahu bendera kita adalah bendera merah putih. Bukan bendera bulan bintang. Jadi, kami tidak akan menyetujui pengibaran bendera bulan bintang yang bukan bendera kami," kata Abdullah.

Masyarakat di Aceh Barat, kata dia, masih trauma dengan konflik di Aceh. Bendera dan lambang Aceh yang disahkan oleh Pemerintah Aceh beberapa waktu lalu sangat rentan mengundang terjadinya konflik baru di Aceh. "Kami tidak ingin ada konflik lagi di Aceh. Kami juga tak ingin bendera Aceh dikibarkan di Aceh Barat," ujarnya.

Pengibaran 1.000 lembar bendera merah putih Senin malam ini akan dilakukan merata di sejumlah titik di Aceh Barat, terutama jalan-jalan utama di daerah tersebut. Selain ratusan bendera merah putih berukuran kecil, sejumlah warga juga memasang bendera merah putih berukuran besar, yakni 8 x 12 meter di Desa Ujong Baru, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com