Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Orang Arak Bendera Aceh

Kompas.com - 01/04/2013, 14:42 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Ribuan orang dari berbagai wilayah di Aceh berkonvoi mengarak bendera Bulan Bintang di Kota Banda Aceh, Senin (1/4/2013).

Massa, yang menggunakan kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat, tiba di Banda Aceh sejak pagi. Massa berkumpul di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, sebelum berkeliling kota sambil mengarak bendera Aceh.

Aksi ini sebagai bentuk dukungan terhadap qanun bendera dan lambang Aceh yang telah disahkan DPR Aceh dan Gubernur pada Jumat (22/3/2013) lalu.

“Kami datang dari daerah untuk mendukung Pemerintah Aceh dalam rangka memperjuangkan qanun bendera dan lambang Aceh untuk disetujui oleh Pemerintah RI," kata Marzuki, koordinator konvoi dari wilayah Aceh Timur.

Menurut Marzuki, massa datang atas keinginan sendiri, bukan karena adanya mobilisasi umum. "Padahal sehari sebelumnya, Wakil Gubernur Muzakir Manaf sudah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan konvoi dan meminta agar masyarakat bersabar menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat tentang qanun bendera dan lambang Aceh," jelas Marzuki.

Konvoi bendera Bulan Bintang ini sempat memacetkan arus lalu lintas di pusat kota Banda Aceh, seperti Simpang Surabaya dan Bundaran Simpang. Konvoi ini juga menyedot perhatian warga ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com