Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rentang IHSG di Level 4.920-4.960

Kompas.com - 01/04/2013, 08:25 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan akan kembali diuji kekuatannya pada perdagangan di awal bulan ini, Senin (1/4/2013). Riset Panin Sekuritas memerkirakan rentang indeks di level 4.920-4.960.  

IHSG pada perdagangan terakhir menjelang libur panjang pekan lalu ditutup menguat tipis. Di sisi lain terlihat pergerakan indeks masih dibayangi oleh pergerakan bursa regional yang sebagian juga melemah akibat data penjualan rumah di AS yang mengalami penurunan.

Selain itu, investor juga masih dipengaruhi kekhawatiran akan krisis Eropa. Bank-bank di Portugal, Spanyol, dan Italia kemungkinan akan mengalami kesulitan dana pihak ketiga karena pemotongan deposit yang dilakukan di Yunani diperkirakan membuat nasabah takut untuk menaruh dananya di bank.

Gejolak politik di Italia yang masih belum bisa membentuk pemerintahan juga turut menambah kekhawatiran di Eropa, karena Italia juga merupakan negara yang dalam status waspada terkait utang yang dimiliknya. Penjualan rumah bekas di Amerika Serikat di bulan Februari yang turun 0,4 persen juga memberikan sentimen negatif terhadap bursa pekan lalu.

Sementara dari dalam negeri, laporan keuangan emiten yang diumumkan Kamis pekan lalu tampaknya sudah tercermin di pergerakan harga saham. Mengawali pekan ini, diproyeksikan IHSG akan bergerak variatif dengan kecenderungan menguat terbatas. Kisaran level dukungan-resisten di awal pekan ini ada di rentang 4.920-4.960.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com