Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dieng Digoyang 20 Kali Gempa Vulkanik

Kompas.com - 31/03/2013, 12:09 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa vulkanik dangkal terus mengguncang Gunung Dieng, Jawa Tengah, yang saat ini berstatus siaga. Banyaknya gempa vulkanik dangkal ini menandakan magma semakin dekat ke permukaan.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, Minggu (31/3/2013), mengatakan, pada pukul.00.00-08.09 WIB, telah terjadi 20 kali gempa vulkanik dangkal dan satu kali gempa vulkanik dalam dengan amplitudo maksimal 110 mm.

"Beberapa gempa tersebut di antaranya terasa di Desa Sumberejo, Desa Pekasiran, Desa Batur, Desa Wanapriya, Desa Pasurenan, dan Kali Putih, dengan skala MMI I-II," katanya.

Tim PVMBG, menurut Surono, kemudian mengonfirmasi fenomena gempa itu ke seismograf di Gunung Slamet dan Gunung Sundoro. Di dua gunung itu tidak terekam adanya gempa tersebut. "Artinya ini gempa lokal di sekitar Kawah Timbang, Dieng," katanya.

Banyaknya gempa vulkanik lokal atau dangkal ini, menandai semakin dekatnya aliran magma ke permukaan. Dikhawatirkan Dieng bisa meletus.

Menanggapi situasi itu, menurut Surono, Tim Tanggap Darurat Gunung Dieng telah dibagi dua, satu tim di lapangan berkordinasi dengan masyarakat dan tim lainnya memantau secara menerus di Pos Gunung Dieng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com