Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Barat Aceh Sewindu Tsunami

Kompas.com - 31/03/2013, 04:36 WIB

Menyusuri pantai barat Aceh, sewindu setelah tsunami mencipta gabungan rasa antara harapan dan juga kekecewaan. Awal Maret 2013, musim kenduri Maulid telah tiba. Pesta di mana-mana, bergiliran dari satu kampung ke kampung lainnya di sepanjang pantai barat yang pernah porak poranda.

Tsunami yang menerjang delapan tahun silam nyaris tak menyisakan bekasnya lagi. Pantai berpasir putih dan deretan pegunungan di latar belakang mencipta keindahan yang menyihir. Jalanan lebar dan mulus membentang dari Banda Aceh ke Aceh Barat. Pasar-pasar hiruk-pikuk dengan penjual bumbu. Nelayan pun kembali bergairah menyambut deru ombak yang datang bergulung.

Namun, melihat rumah-rumah baru tumbuh di bekas tapak yang pernah porak poranda diamuk tsunami, gundah pun membuncah. Ratusan ribu orang kembali tinggal di zona bencana, nyaris tanpa dibentengi kesiapsiagaan. Kantor Bupati Aceh Jaya menambah ironi: dia gagah di atas bukit, tetapi meninggalkan rumah-rumah warganya tetap di bawah ancaman tsunami.

Akankah pokok-pokok kayu mati yang terhampar di pantai Aceh Jaya tidak cukup membuka kembali kenangan perih karena kehilangan lebih dari 168.000 jiwa yang direnggut tsunami?

Teks: Ahmad Arif
Foto-foto: Kompas/Agus Susanto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com