Kompas.com - 29/03/2013, 22:36 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelompok perampok pimpinan Hoderi (37) telah beraksi lebih dari satu kali di wilayah Jakarta Timur. Menurut Kapolrestro Jakarta Timur Komisaris Besar Mulyadi Kaharni, dalam menjalankan aksinya mereka selalu melakukan pengintaian terlebih dulu pada sasaran mereka.

"Mereka biasa berlima atau berenam menggunakan tiga unit kendaraan. Modusnya mereka biasa pantau lebih dulu. Caranya bisa dengan satu orang masuk ke SPBU, lalu memantau dari dalam mushala untuk memperhatikan kegiatan," kata Mulyadi di Mapolrestro Jakarta Timur, Jumat (29/3/2013).

Setelah memperhatikan situasi, anggota kawanan lain akan diberitahu lewat telepon seluler untuk kemudian beraksi.

Mulyadi juga menjelaskan bahwa kelompok ini biasa mempelajari lokasi yang akan menjadi sasaran perampokan selama kurang lebih satu minggu. Namun demikian, Mulyadi memastikan bahwa dalam tiap menjalankan aksi mereka tidak pernah melibatkan pegawai SPBU atau bank yang mereka jadikan sasaran.

Hoderi ditangkap di rumahnya di Jl. Pasir Limus, Cikarang, Bekasi Barat, Jumat pukul 00.30 WIB dini hari. Selain menangkap Hoderi, penyidik juga meringkus satu tersangka bernama Muhi di Klender pukul 02.30 WIB.

Namun demikian, dalam perjalanan, Hoderi mencoba melarikan diri dan membuat penyidik melepaskan tembakan peringatan ke udara. Tembakan peringatan tersebut tak diindahkan Hoderi sehingga tembakan pun dilepaskan ke arahnya. Hoderi terjatuh dan dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

Adapun Muhi kini sudah berada di tahanan Mapolrestro Jakarta Timur. Ia terancam dijerat pasal 365 KUHP mengenai Pencurian dengan Kekerasan, dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.