Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Kefamenanu Ikuti Jalan Salib Hidup

Kompas.com - 29/03/2013, 21:15 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Lebih dari 4.000 warga Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, secara khidmat mengikuti napak tilas hidup proses penyaliban Yesus Kristus dengan melakukan jalan salib hidup di alun-alun rumah jabatan Bupati TTU, Jumat (28/3/2013) pagi. Prosesi itu diperankan oleh sekitar 120 orang muda-mudi katolik dari lingkungan Koko, Paroki Santa Theresia Kefamenanu

Meskipun panas terik, tapi tidak menyurutkan semangat umat untuk mengikuti kisah sengsara Yesus dengan mengenang detik-detik wafatnya Yesus Kristus ketika disalibkan. Penderitaan Yesus yang diperankan anak muda setempat, membuat sejumlah kaum ibu dan anak anak menangis pilu saat menyaksikannya.

Menariknya, dalam prosesi jalan salib, bukan hanya diikuti dan ditonton oleh umat katolik, akan tetapi ada beberapa warga non-katolik yang antusias untuk menonton, karena lokasi jalan salib dilakukan di tempat terbuka dan berada di jalur lalu lintas yang ramai.

Ketua Panitia, Benyamin Son, saat ditemui Kompas.com di sela-sela acara, mengaku telah mempersiapkan acara itu satu minggu sebelumnya dengan terus berlatih agar penyelenggaraan acara bisa sukses.

"Kita dipercayakan oleh paroki untuk selenggarakan kegiatan jalan salib hidup ini sehingga kita berusaha secara maksimal mensukseskannya, apalagi masa Paskah sangat penting artinya untuk kita umat Kristen, khususnya Katolik," jelas Benyamin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com