Kompas.com - 29/03/2013, 21:15 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Lebih dari 4.000 warga Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, secara khidmat mengikuti napak tilas hidup proses penyaliban Yesus Kristus dengan melakukan jalan salib hidup di alun-alun rumah jabatan Bupati TTU, Jumat (28/3/2013) pagi. Prosesi itu diperankan oleh sekitar 120 orang muda-mudi katolik dari lingkungan Koko, Paroki Santa Theresia Kefamenanu

Meskipun panas terik, tapi tidak menyurutkan semangat umat untuk mengikuti kisah sengsara Yesus dengan mengenang detik-detik wafatnya Yesus Kristus ketika disalibkan. Penderitaan Yesus yang diperankan anak muda setempat, membuat sejumlah kaum ibu dan anak anak menangis pilu saat menyaksikannya.

Menariknya, dalam prosesi jalan salib, bukan hanya diikuti dan ditonton oleh umat katolik, akan tetapi ada beberapa warga non-katolik yang antusias untuk menonton, karena lokasi jalan salib dilakukan di tempat terbuka dan berada di jalur lalu lintas yang ramai.

Ketua Panitia, Benyamin Son, saat ditemui Kompas.com di sela-sela acara, mengaku telah mempersiapkan acara itu satu minggu sebelumnya dengan terus berlatih agar penyelenggaraan acara bisa sukses.

"Kita dipercayakan oleh paroki untuk selenggarakan kegiatan jalan salib hidup ini sehingga kita berusaha secara maksimal mensukseskannya, apalagi masa Paskah sangat penting artinya untuk kita umat Kristen, khususnya Katolik," jelas Benyamin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.