Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Camera Trap" Akan Dipasang di Lokasi Temuan Jejak Badak

Kompas.com - 29/03/2013, 20:39 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

KUTAI BARAT, KOMPAS.com — Pascapenemuan jejak dan tanda di hutan di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, yang diduga kuat badak sumatera, World Wildlife Fund for Nature atau WWF Indonesia akan bertemu dengan sejumlah pihak terkait guna menentukan apa strategi pengamanan agar badak—jika ada—itu tak diincar pemburu.

"Kami juga akan memasang camera trap dalam waktu dekat," ujar Koordinator WWF di Kalimantan Timur, Wiwin Effendy, Jumat (29/3/2013).

Seperti diketahui, pertengahan Januari lalu tim monitoring WWF menemukan beberapa hal yang menimbulkan tanda tanya, antara lain jejak kaki, bekas kubangan, bekas gesekan tubuh di pohon, gesekan pada dinding kubangan, serta bekas gigitan dan pelintiran pada pucuk tanaman.

Temuan itu segera disampaikan kepada sejumlah pihak dan pemerhati baik di Indonesia maupun luar negeri. Kemudian, didapat kesimpulan, diduga kuat temuan itu adalah jejak dari badak sumatera yang keberadaannya nyaris punah.

"Lokasi hutan di Kubar itu tidak dipublikasi. Itu agar jangan sampai pemburu cula jangan sampai tahu," ujarnya.

Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) di Kalimantan sudah tidak pernah terdengar dan diketahui keberadaannya, bahkan ditengarai telah punah sejak 1990-an. International Union for Conservation of Nature (IUCN) pun telah mengklasifikasikan badak sumatera ini dalam kategori kritis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com