Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesi Jalan Salib dengan Nuansa Tana Toraja

Kompas.com - 29/03/2013, 16:55 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

TORAJA, KOMPAS.com - Ribuan umat Katolik di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mengikuti prosesi Jalan Salib pada ibadah Jumat Agung, Jumat (29/3/2013).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, prosesi Jalan Salib ini diwarnai dengan budaya Tana Toraja. Ribuan orang dari berbagai stasi se-Tana Toraja memadati Alun-alun Makale. Pada prosesi itu, mereka mengarak salib yang diletakkan di atas letton atau tandu di jalan-jalan utama Kota Makale.

Prosesi jalan salib kali ini digelar dengan balutan budaya Toraja yang disebut "Rambu Solo". Selain prosesi rambu solo, juga dihiasi dengan tari perang, memikul babi dan juga membawa hasil panen dari kebun.

Dalam prosesi ini juga terlihat kain merah sepanjang 1000 meter dibentangkan untuk jemaat yang berjalan di bawa kain sambil melantunkan lagu-lagu pujian. Kain merah itu merupakan simbol darah Yesus yang tumpah untuk umat manusia.

Prosesi yang dipimpin Pastor Alberth Arlinan itu berlangsung khidmat. Sejumlah anggota jemaat bahkan terlihat meneteskan air mata.

Dalam pesannya, Alberth mengutarakan harapannya bahwa peringatan kesengsaraan Yesus Kristus atau jumat agung yang mengangkat tema wujudkan kesejahteraan dapat jadi pembaharuan umat Katolik dalam menghadapi berbagai rintangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com