Kompas.com - 29/03/2013, 16:55 WIB
|
EditorKistyarini

TORAJA, KOMPAS.com - Ribuan umat Katolik di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mengikuti prosesi Jalan Salib pada ibadah Jumat Agung, Jumat (29/3/2013).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, prosesi Jalan Salib ini diwarnai dengan budaya Tana Toraja. Ribuan orang dari berbagai stasi se-Tana Toraja memadati Alun-alun Makale. Pada prosesi itu, mereka mengarak salib yang diletakkan di atas letton atau tandu di jalan-jalan utama Kota Makale.

Prosesi jalan salib kali ini digelar dengan balutan budaya Toraja yang disebut "Rambu Solo". Selain prosesi rambu solo, juga dihiasi dengan tari perang, memikul babi dan juga membawa hasil panen dari kebun.

Dalam prosesi ini juga terlihat kain merah sepanjang 1000 meter dibentangkan untuk jemaat yang berjalan di bawa kain sambil melantunkan lagu-lagu pujian. Kain merah itu merupakan simbol darah Yesus yang tumpah untuk umat manusia.

Prosesi yang dipimpin Pastor Alberth Arlinan itu berlangsung khidmat. Sejumlah anggota jemaat bahkan terlihat meneteskan air mata.

Dalam pesannya, Alberth mengutarakan harapannya bahwa peringatan kesengsaraan Yesus Kristus atau jumat agung yang mengangkat tema wujudkan kesejahteraan dapat jadi pembaharuan umat Katolik dalam menghadapi berbagai rintangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.