Kompas.com - 29/03/2013, 10:58 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KEDIRI, KOMPAS.com — Prosesi jalan salib sebagai rangkaian peringatan perayaan Paskah di Gereja Santa Maria Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (29/3/2013), berjalan lancar dan khidmat.

Ratusan peziarah tampak khusyuk mengikuti prosesi Jumat Agung di lintasan yang terletak di lereng Gunung Wilis itu. Iring-iringan peziarah tersebut hampir memadati lintasan melingkar sepanjang dua kilometer itu dengan medan yang cukup menantang, naik turun.

Umat Katolik yang datang dari berbagai daerah itu juga tampak ikhlas saat harus bersimpuh di atas tanah dalam setiap pemberhentian atau stasi. Pada setiap stasi yang berjumlah 14 titik terdapat diorama yang mengisahkan sengsara Yesus mulai saat ditangkap hingga dimakamkan.

Pagi itu suasana nyaman dengan udara pagi yang segar. Air embun masih terlihat jelas menempel pada rerumputan. Rerimbunan pepohonan besar yang terdapat di sekitar lokasi jalan salib juga menambah tentramnya suasana. Jemaat menyimak kisah sengsara Yesus yang dibacakan dalam bahasa Jawa.

Seksi Liturgi Gereja Santa Maria Puhsarang, Maria Magdalena Kasri Evayanti, mengatakan, jalan salib sebagai sarana pengingat bagi jemaat dalam meresapi pengorbanan Yesus Kristus demi menebus dosa-dosa umatnya di bukit Golgota. "Di sana dikisahkan mulai saat ditangkap, dihukum salib, hingga dimakamkan," katanya.

Gereja Santa Maria Puhsarang adalah gereja Katolik Roma yang dibangun sejak 1936. Desain bangunannya cukup unik karena mengadopsi arsitektur bangunan Jawa dengan berbagai ornamen penuh simbol. Areal gereja ini terbilang cukup luas dengan kelengkapan bangunan meliputi gereja induk, pendapa, gua dengan patung Maria berukuran besar, areal makam, taman nan hijau, dan lintasan jalan salib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.