Kompas.com - 29/03/2013, 10:50 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

AMBON, KOMPAS.com - Pelaksanaan ibadah Jumat Agung di sejumlah gereja di Kota Ambon, Jumat (29/3/2013) pagi berjalan aman dan tertib. Sejak pagi, ribuan umat Kristiani di Kota Ambon memenuhi gereja-gereja yang ada di Ambon. Pemandangan itu terlihat di Gereja Katedral, Gereja Maranatha, Gereja Silo, Gereja Rehoboth dan sejumlah gereja lain.

Tidak ada pengamanan khusus di gereja-gereja tersebut. Namun aparat kepolisian terlihat tetap terlihat berjaga-jaga di sejumlah gereja yang melaksanakan ibadah. Di Gereja Katedral, pelaksanaan ibadah dimulai pada pukul 07.00 wit, dipimpin pastur Theo Amilwatin.

Ibadah paskah yang mengusung tema "Mewujudkan Hidup Sejahtera". Dalam pesannya, Pastur Theo mengajak umat Katolik di Maluku agar selalu mengasihi dan menghargai antarsesama umat beragama di Maluku.

Theo juga meminta kepada umat agar dapat memaknai dan meresapi perjalanan sengsara Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari. "Umat Katolik di Maluku agar selalu saling menghargai dan menghormati sesama umat beragama, dan tetap meresapi apa yang dialami Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari," ajak Theo.

Sebelumnya, pada Kamis malam, umat Katolik di Maluku juga melakukan ritual ibadah Kamis Putih yang dilanjutkan dengan acara tuguran sakramen mahakudus. Direncanakan, pada pukul 14.00 wit akan dilakukan Misa Jumat Agung dan dilanjutkan dengan proses jalan salib pada pukul 15.00 wit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.