Kompas.com - 28/03/2013, 13:02 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Menjelang rangkaian perayaan Paskah yang dimulai dengan ibadah Kamis Putih hingga Sabtu Malam Paskah, jajaran Polres Karanganyar melakukan penyisiran terhadap sejumlah gereja yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (28/3/2013).

Penyisiran bertujuan untuk menjamin keamanan umat Kristiani selama menjalani rangkaian perayaan Paskah. Tampak petugas kepolisian mulai melakukan penyisiran di Gereja Katolik Santo Pius yang terletak di Jalan Lawu, Karanganyar, dengan menggunakan peralatan metal detector serta anjing pelacak. Altar dan setiap sudut gereja tak luput dari pemeriksaan petugas.

Sementara itu, menurut Kasubag Bin Ops Polres Karanganyar, AKP Suparmi, dalam rangka mengamankan perayaan Paskah, seluruh gereja di wilayah Karanganyar akan disisir untuk mengantisipasi adanya tindakan teror selama perayaan. "Tidak hanya gereja yang memiliki jemaat yang banyak, tetapi juga gereja-gereja kecil juga akan kita beri pengamanan," katanya kepada wartawan.

Sementara itu, pada tahun 2013 ini, Polres Karanganyar mengerahkan kurang lebih 300 personil, ditambah dari anggota TNI dan beberapa ormas turut ambil bagian untuk mengamankan gereja.

Selain Gereja Santo Pius, polisi juga melakukan penyisiran di Gereja Katolik Santa Stefanus di Cangakan, Gereja GKJ Kismorejo dan GKJ di Cangakan. Total gereja yang disisir adalah 133 gereja yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.