Kompas.com - 28/03/2013, 09:02 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

PINRANG, KOMPAS.com — Sebuah keluarga petani di Pinrang, Sulawesi Selatan, punya kebiasaan unik karena mengoleksi puluhan ribu gigi tikus sejak 12 tahun terakhir. Meski kegemaran ini tak memberi manfaat ekonomi atau keuntungan apa pun, keluarga tersebut tetap mengoleksi gigi tikus sekadar untuk menunjukkan prestasi.

Keluarga Anas Tika mengumpulkan ribuan gigi tikus dari hasil tangkapan tikus di ladang milik mereka. Bangkai-bangkai tikus yang telah hancur di dalam liang dan tersisa tulang belulang selanjutnya disortir. Gigi-gigi tikus itu dipisahkan dan dicuci bersih agar tak meninggalkan aroma busuk.

Saat waktu luang, keluarga ini kerap menghibur diri di kolong rumah sambil menghitung-hitung gigi tikus yang telah terkumpul. Anas berharap kebiasaannya mengoleksi gigi tikus, yang diklaimnya terbanyak di Indonesia bahkan dunia, kelak bisa mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Saya hanya ingin meyakinkan bahwa saya adalah penangkap dan kolektor gigi tikus terbanyak di Indonesia bahkan dunia, saya tak yakin ada orang yang bisa mengoleksi gigi tikus sebanyak yang saya kumpulkan," ujar Anas, Kamis (28/3/2013).

Meski banyak warga yang risih, bahkan jijik jika bersentuhan dengan tikus, keluarga Anas tak merasakan itu. Anas yakin gigi-gigi tikus yang telah dicuci bersih dan dikeringkan tak akan membawa penyakit apa pun. Buktinya, telah lebih dari 10 tahun mereka menyimpan koleksi ini dan tak ada penyakit yang menjangkiti.

Agar bisa bertahan lebih lama, gigi-gigi tikus seberat 12 kilogram itu disimpan dalam toples plastik dan kardus agar kelak bisa disimpan lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.