Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPD Jatim Dukung SBY Ketum Demokrat

Kompas.com - 27/03/2013, 19:17 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Timur Partai Demokrat, Soekarwo mendukung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi ketua umum menggantikan posisi Anas Urbaningrum pada Kongres Luar Biasa di Bali pada 30-31 Maret nanti.

Dukungan itu diyakininya sebagai langkah terbaik secara politik bagi partai dalam menyambut pemilu tahun depan. ''Tugas sebagai ketua partai tidak akan mengganggu tugas SBY sebagai presiden,'' kata Soekarwo, Rabu (27/3/2013).

Menurut pria yang akrab dipanggil Pakde Karwo itu, tidak hanya DPD Jatim, tapi 33 DPD lainnya juga bersepakat mengusung SBY menjadi ketua umum.

''Dukungan ini sudah disampaikan langsung kepada SBY saat pertemuan di Cikeas beberapa waktu lalu, tapi SBY belum memberikan jawaban pasti,'' jelasnya.

Jabatan ketua umum partai nanti, kata Soekarwo yang juga Gubernur Jatim itu, hanya bersifat sementara hingga awal 2015. Selama menjadi ketua umum, SBY nantinya hanya akan menandatangani Daftar Caleg Sementara (DCS), Daftar Caleg Tetap (DCT), dan terkait pemilihan presiden.

Selain SBY juga beredar nama-nama tokoh yang dicalonkan menjadi ketua umum pada KLB nanti, di antaranya, Ketua DPR RI Marzuki Ali, Edhie Baskoro Yudhoyono, Ani Yudhoyono, dan Wakil Sekjen Partai Demokrat Saan Mustopa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com