Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Brankas Pemkab Dibobol, Rp 67 Juta Amblas

Kompas.com - 27/03/2013, 17:53 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Komplotan pencuri membobol tiga brankas milik Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) di kantor Pemkab Pasuruan, Jalan Hayam Wuruk, Jawa Timur, Rabu (27/3/2013). Pelaku membawa kabur uang tunai sebesar Rp 67 juta.

Menurut Kepala DPKD Dwiatmaji, kejadian itu diketahui pertama kali ketika bawahannya membuka ruang Pembendaharaan dan Gaji Pegawai dan kunci pintu dalam keadaan rusak.

"Saat memasuki ruangan ternyata brankas sudah rusak dan roboh. Dan totalnya uang yang dibawa lari senilai Rp 67 juta. Dan langsung kita laporkan ke Kepolisian," terangnya.

Sementara itu, Polres Pasuruan Kota yang datang langsung melakukan identifikasi. Mereka merekam jejak jari di setiap benda yang disentuh. Mulai dari pintu yang rusak, brankas, hingga sejumlah barang bukti di lokasi kejadian.

Kepolisian menduga, pelaku adalah komplotan spesialis pembobol brankas. Sebab dari bukti yang ada, terdapat bekas congkelan dan bekas solder yang tampak hitam pekat.

"Tapi tidak mau berandai-andai dulu jumlah pelakunya. Beri waktu untuk kami bekerja untuk terus melakukan penyelidikan kasus ini," tegas Kepala Satreskrim Polres Pasuruan Kota, AKP Bambang Soegeng.

Sedangkan paska kejadian ini, suasana di lokasi kejadian perkara menjadi tontonan sejumlah pegawai negeri sipil (PNS), karena dua pintu masuk di DPKD sudah diberi garis polisi. Hanya saksi mata yang diperbolehkan masuk untuk kepentingan penyelidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com