Kompas.com - 27/03/2013, 17:53 WIB
|
EditorKistyarini

PASURUAN, KOMPAS.com - Komplotan pencuri membobol tiga brankas milik Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) di kantor Pemkab Pasuruan, Jalan Hayam Wuruk, Jawa Timur, Rabu (27/3/2013). Pelaku membawa kabur uang tunai sebesar Rp 67 juta.

Menurut Kepala DPKD Dwiatmaji, kejadian itu diketahui pertama kali ketika bawahannya membuka ruang Pembendaharaan dan Gaji Pegawai dan kunci pintu dalam keadaan rusak.

"Saat memasuki ruangan ternyata brankas sudah rusak dan roboh. Dan totalnya uang yang dibawa lari senilai Rp 67 juta. Dan langsung kita laporkan ke Kepolisian," terangnya.

Sementara itu, Polres Pasuruan Kota yang datang langsung melakukan identifikasi. Mereka merekam jejak jari di setiap benda yang disentuh. Mulai dari pintu yang rusak, brankas, hingga sejumlah barang bukti di lokasi kejadian.

Kepolisian menduga, pelaku adalah komplotan spesialis pembobol brankas. Sebab dari bukti yang ada, terdapat bekas congkelan dan bekas solder yang tampak hitam pekat.

"Tapi tidak mau berandai-andai dulu jumlah pelakunya. Beri waktu untuk kami bekerja untuk terus melakukan penyelidikan kasus ini," tegas Kepala Satreskrim Polres Pasuruan Kota, AKP Bambang Soegeng.

Sedangkan paska kejadian ini, suasana di lokasi kejadian perkara menjadi tontonan sejumlah pegawai negeri sipil (PNS), karena dua pintu masuk di DPKD sudah diberi garis polisi. Hanya saksi mata yang diperbolehkan masuk untuk kepentingan penyelidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.