Ribuan Peziarah Mulai Mendatangi Larantuka

Kompas.com - 27/03/2013, 03:47 WIB
Editor

Larantuka, Kompas - Ribuan peziarah dari sejumlah kota di Tanah Air mulai memasuki kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, untuk mengikuti prosesi Jumat Agung pada 29 Maret 2013. Prosesi itu dilakukan untuk mengenang kisah sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus lebih dari 2.000 tahun silam. Puncak arus kedatangan peziarah diprediksi Kamis besok.

Namun, fasilitas hotel dan rumah makan terbatas sehingga banyak peziarah diperkirakan menginap di rumah keluarga, sekolah, atau gedung pemerintah yang bisa ditempati sementara waktu. Sejumlah warung makan dipesan oleh peziarah agar secara khusus melayani rombongan mereka. Tarif hotel kelas melati di kawasan itu pun naik hingga 300 persen.

Ketua Confreria, Persaudaraan Awam Katolik Larantuka, Yohanes Fernandes Aikoli, di Larantuka, Selasa, menuturkan, peziarah yang sebagian adalah tamu Pemerintah Kabupaten Flores Timur, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Keuskupan Larantuka, kelompok pendoa, dan tamu dari sejumlah kota mulai berdatangan. Sampai Selasa, jumlahnya sekitar 5.000 orang.

”Peziarah terus berdatangan. Puncak kedatangan peziarah hari Kamis atau Jumat pagi mendatang. Tahun ini diprediksi peziarah mencapai 50.000 orang. Tahun 2012 ada sekitar 45.000 peziarah yang datang ke Larantuka. Kecenderungan peziarah datang terus meningkat setiap tahun,” kata Fernandes.

Hotel sebagian besar dipesan kelompok peziarah dengan tarif tinggi. Persediaan air bersih di hotel sering macet, tetapi hotel tetap diserbu peziarah.

Diakui Staf Manajer Usaha PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Kupang Hermin Welkis, lonjakan penumpang feri jurusan Kupang-Larantuka mulai terasa sejak Minggu. PT ASDP pun menambah satu trip feri lagi ke Larantuka. Peziarah menjangkau Larantuka tidak hanya dengan feri, tetapi juga dengan kapal Pelni dan pesawat.

Koordinator peziarah dari Paroki Santo Yoseph Naikoten Kupang, Yoseph Sudarso, mengatakan, 600 peziarah dari Kupang dibiayai pemerintah memasuki Larantuka, pekan ini. (kor)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.