Kompas.com - 26/03/2013, 22:23 WIB
|
EditorHeru Margianto

YOGYAKARTA,KOMPAS.com  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Selasa (26/3/2013), mendatangi Lapas Kelas IIB Cebongan, Sleman, Yogyakarta, mengumpulkan data lapangan terkait peristiwa penyerangan ke lembaga itu oleh gerombolan bersenjata Sabtu (23/3/2013) pekan kemarin.

Dugaan sementara, berdasarkan durasi kejadian yang cepat, senjata yang digunakan serta keterangan para saksi, pelaku penyerangan adalah orang-orang terlatih.

"Selain senjata laras panjang para pelaku juga membawa granat yang di letakkan di samping pinggang kanan dan kiri. Pelaku semuanya membawa HT (handy talkie), rompi dan penutup muka," kata Komisioner Komnas HAM Siti Nurlela saat ditemui di Lapas Cebongan, Selasa.

Sejumlah fakta yang dikumpulkan Komnas HAM antara lain gerombolan tersebut mengambil barang-barang inventaris lapas seperti monitor komputer, CCTV dan server. Gerombolan itu juga merampas telepon seluler petugas lapas.

Selain itu, Komnas juga menemukan tindak kekerasan yang dialami petugas lapas.  "Ada delapan petugas lapas yang dianiaya pelaku dari mulai ditendang, dipopor, dipukul, bahkan diseret," terang dia.

Selanjutnya, Komnas HAM juga menemukan adanya trauma yang dialami 31 tahanan lapas penghuni sel 5A Blok Anggrek. Trauma pertama, mereka melihat langsung eksekusi. Kedua, mereka ketakutan setelah dimintai keterangan oleh polisi sebagai saksi.

"Mereka takut akan keselamatannya dan keluarga karena telah memberi keterangan tanpa mendapat kepastian pengamanan," ujar dia.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.