Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Laskar Pelangi" Diterbitkan dalam Bahasa Spanyol

Kompas.com - 26/03/2013, 07:11 WIB

LONDON, KOMPAS.com--Novel Laskar Pelangi edisi Spanyol dengan judul La Tropa del Arcoiris yang diterbitkan oleh Temas de Hoy yang menjadi bagian dari Grup Planeta Madrid yaitu penerbit terbesar di Spanyol, diluncurkan di Spanyol.

Untuk melakukan promosi buku tersebut, Temas de Hoy mengundang pengarang Andrea Hirata ke Spanyol, ujar Counsellor KBRI Madrid, Theodorus Satrio Nugroho kepada ANTARA London, Minggu.

Novel yang mengisahkan tentang anak-anak Pulau Belitong edisi bahasa Inggris yang diterjemahkan Julio Hermoso sebelumnya sudah dapat diperoleh di toko-toko buku di seluruh Spanyol sejak tanggal 15 Maret lalu.

Promosi buku Laskar Pelangi edisi Spanyol tersebut diadakan  sejak tanggal 21 hingga 24 Maret, Andrea Hirata selama di Spanyol diwawancarai baik oleh media televisi maupun cetak di Barcelona dan Madrid.

Andrea Hirata bersama dengan penyanyi álbum Song Book Laskar Pelangi, Imelda Kawu , bertatap muka dengan Duta Besar, Ibu Wieke, serta staf KBRI dan masyarakat Indonesia di Madrid.

Dalam tatap muka tersebut, Andrea Hirata menjelaskan bahwa buku La Tropa de Arcoiris kiranya dapat membawa nama Indonesia serta lebih mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

Dikatakannya promosi buku Laskar Pelangi sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, sehingga Andrea harus melakukan promosi antara lain di Turki, Australia, Jerman, Hungaria, Spanyol dan Portugal. Dalam waktu dekat menyusul terjemahan bahasa Belanda dan Perancis.

Dalam pertemuan itu Andrea Hirata mengakui bahwa ia  merasa terhormat dengan dukungan penuh dari berbagai perwakilan Indonesia selama peluncuran novel ini di berbagai negara. Selain sambutan dari masyarakat serta mahasiswa Indonesia sangat membesarkan hati.

Sementara itu Duta Besar Ibu Wieke menyatakan kekagumannya atas prestasi diterjemahkannya buku Laskar Pelangi ke dalam bahasa Spanyol. Ini merupakan alat diplomasi yang paling efektif untuk mempromosikan Indonesia di Spanyol.

Ditambahkan bahwa dalam bulan September 2013 direncanakan akan dilaksanakan pekan Film Indonesia di Madrid. Salah satu film yang akan diputar adalah Laskar Pelangi.

Dalam acara tatap muka itu semakin meriah dengan sajian lagu dari Imelda Kawu dengan iringan Andrea Hirata yang membawakan lagu-lagu soundtrack Laskar Pelangi.

Menurut Theodorus Satrio Nugroho, penerbitan novel pengarang Indonesia oleh penerbit Spanyol relatif terbatas, selain buku-buku karangan Pramodya Ananta Toer, baru buku Laskar Pelangi yang terbit dalam edisi Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com