Kompas.com - 25/03/2013, 20:20 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Edy Yuwono, Senin (25/3/2013), mangkir dari panggilan Kejaksaan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah.

Padahal, semestinya akan dikonfrontasi dengan saksi lain yang sebelumnya sudah menjalani pemeriksaan.

Kepala Seksi Tindak pidana Khusus Kejari Purwokerto, Hasan Nurodin Achmad, mengatakan, semestinya Edy akan dipertemukan dengan delapan anggota tim kerjasama Unsoed-PT Aneka Tambang lainnya.

"Rektor katanya sih ke Bali, tapi kami tidak tahu kebenarannya," katanya.

Pada kasus penyimpangan dana kerjasama PT Antam-Unsoed terkait rehabilitasi lahan bekas tambang pasir besi di Purworejo tersebut, Kejari Purwokerto sudah menetapkan tiga tersangka.

Selain Rektor Unsoed Edy Yuwono, dua tersangka lainnya yakni Kepala Unit Percetakan Unsoed Winarto Hadi dan Asisten Senior Manager PT Antam, Suatmadji.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proyek pemberdayaan masyarakat bekas tambang PT Antam itu bernilai Rp 5,9 miliar. Total nilai kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 2 miliar.

Hasan menegaskan, apabila Edy tidak memenuhi panggilan hingga tiga kali, pihaknya akan memanggil paksa yang bersangkutan. "Tentu akan kami panggil paksa jika yang bersangkutan tidak datang di pemanggilan ketiga," katanya.

Panggilan kedua akan dilakukan Kamis (28/3). Dalam kasus ini, Edy masih akan diperiksa sebagai saksi.

Kuasa hukum Edy Yuwono, Nurcahyo mengatakan, saat ini Edy sedang berada di Bali ada acara dengan Presiden susilo Bambang Yudhoyono. "Jadi tidak ada niatan untuk menghindari pemanggilan kejaksaan," katanya.

Ia menjamin, pada pemanggilan kedua Edy akan datang.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X