Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Bali Amankan 5 Satwa Langka di Sebuah Vila

Kompas.com - 25/03/2013, 17:08 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Jajaran Direktorat Reserse Kriminal (Ditreskrim) Polda Bali mengamankan 5 ekor satwa langka yang nyaris punah di Vila Pasti, Desa Peranca, Kabupaten Jembrana, Jumat (22/3/2013). Kelima satwa tersebut adalah 2 ekor buaya muara, 1 ekor burung kakak tua jambul kuning, 1 ekor burung kakak tua jambul orange, dan 1 ekor burung merak. Satu dari dua ekor buaya ditemukan dalam kondisi mati dan sudah diawetkan.

"Tim mengamankan satwa-satwa tersebut karena diduga termasuk kategori satwa hampir punah dan dilindungi sehingga dimasukkan dalam daftar Apendix I CITES," ujar Kasubdit IV Direktorat Reskrimsus Polda Bali, AKBP Tri Kuncoro, saat konferensi pers di Mapolda Bali, Senin (25/3/2013).

Polisi masih memeriksa seorang penghuni vila berwarga negara Jepang dan pemilik vila untuk mencari tahu asal kelima satwa tersebut. Pengelola vila mengaku satwa-satwa tersebut titipan dari orang tak dikenal.

"Karena merasa peduli, satwa tersebut dipelihara. Saat ini masih kita dalami dan tidak menutup kemungkinan satwa tersebut sengaja dipelihara untuk menarik tamu," jelasnya. Rencananya Polda Bali akan menyerahkan kelima satwa langka tersebut kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com