Kompas.com - 25/03/2013, 17:08 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com — Jajaran Direktorat Reserse Kriminal (Ditreskrim) Polda Bali mengamankan 5 ekor satwa langka yang nyaris punah di Vila Pasti, Desa Peranca, Kabupaten Jembrana, Jumat (22/3/2013). Kelima satwa tersebut adalah 2 ekor buaya muara, 1 ekor burung kakak tua jambul kuning, 1 ekor burung kakak tua jambul orange, dan 1 ekor burung merak. Satu dari dua ekor buaya ditemukan dalam kondisi mati dan sudah diawetkan.

"Tim mengamankan satwa-satwa tersebut karena diduga termasuk kategori satwa hampir punah dan dilindungi sehingga dimasukkan dalam daftar Apendix I CITES," ujar Kasubdit IV Direktorat Reskrimsus Polda Bali, AKBP Tri Kuncoro, saat konferensi pers di Mapolda Bali, Senin (25/3/2013).

Polisi masih memeriksa seorang penghuni vila berwarga negara Jepang dan pemilik vila untuk mencari tahu asal kelima satwa tersebut. Pengelola vila mengaku satwa-satwa tersebut titipan dari orang tak dikenal.

"Karena merasa peduli, satwa tersebut dipelihara. Saat ini masih kita dalami dan tidak menutup kemungkinan satwa tersebut sengaja dipelihara untuk menarik tamu," jelasnya. Rencananya Polda Bali akan menyerahkan kelima satwa langka tersebut kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.