Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Kupang Sambut Jenazah Juan dan Dedi

Kompas.com - 25/03/2013, 17:07 WIB

KUPANG, KOMPAS.com — Ribuan warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, memadati Bandara El Tari Kupang, Senin (25/3/2013) siang, untuk menyambut kedatangan dua dari empat jenazah korban penembakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dua jenazah yang dipulangkan pada siang tadi adalah Yohanes Juan Mambait  dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi.

Hadir juga dalam penyambutan itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya, Wakil Gubernur Esthon Foenay, Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Fransiskus Salem, dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) provinsi kepulauan itu.

Isak tangis keluarga dan ribuan warga mengiringi dua jasad Juan dan Dedi, yang dijemput dengan acara adat "Natoni" dan dilanjut dengan ibadah penyambutan yang dipimpin, Rd Leo Mali Pr, biarawan Katolik Keuskupan Agung Kupang.

Keluarga Dedi, Jhon Renggo Dekresano, mengatakan, jenazah Adrianus akan disemayamkan semalam di Kota Kupang dan akan diterbangkan Selasa (26/3/2013) ke daerah asalnya Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, dari Bandara El Tari dengan tujuan Bandara Aroeboesman Kabupaten Ende. "Kami sudah informasikan ke keluarga di Nangaroro, kalau jenazah Adrianus akan dikirim ke kampung halaman pada Selasa besok," katanya.

Regina Manbait, kerabat Juan Manbait, hanya meminta aparat penegak hukum di negara ini untuk mengusut tuntas dan menindak tegas pelaku penyerangan. "Kami hanya bisa berpasrah sembari berharap aparat penegak hukum di negeri ini untuk mengusut tuntas dan menghukum pelaku sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Sementara dua jenazah lainnya, masing-masing Hendrik Angel Sahetapi alias Deki dan Gameliel Yermianto Rohi Riwu, baru akan tiba di Bandara El Tari Kupang, pada Senin (25/3/2013) malam ini.

Sebelumnya diberitakan, Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, Hendrik Angel Sahetapi, dan Yohanes Juan Manbait, tewas dalam penyerangan oleh sekelompok orang bersenjata di Lapas Kelas IIB Cebongan, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (23/3/2013) dini hari.

Keempat orang itu merupakan tersangka kasus penganiayaan yang menyebabkan tewasnya Sersan Satu Santosa, anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus), di Hugo's Cafe, Yogyakarta, Selasa (19/3/2013).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com