Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Wartawan Dibunuh di Somalia

Kompas.com - 25/03/2013, 15:52 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com — Seorang wartawan radio perempuan tewas ditembak di ibu kota Somalia, Mogadishu, Senin (25/3/2013). Ini adalah serangan terbaru dari serangkaian pembunuhan wartawan di negeri yang dikoyak perang itu.

Korban penembakan kali ini adalah Rahmo Abubakir, jurnalis perempuan Radio Abduwaq, Mogadishu.

"Salah satu dari staf perempuan kami ditembak mati di Mogadishu," kata Direktur Radio Abduwaq, Abdikarin Ahmed.

"Kami belum mengetahui penyebab pembunuhan ini, kami masih sangat terkejut," lanjut Ahmed.

Sejumlah saksi mata mengatakan, beberapa laki-laki bersenjata menghampiri sang jurnalis, lalu menembakinya sebelum melarikan diri.

"Dua orang bersenjata pistol menembak seorang perempuan. Mereka menembak lima kali sebelum kabur," kata Abdi Moalin Shire, seorang saksi mata.

"Saat penembakan terjadi, ada seorang perempuan lain, tetapi si penembak membiarkannya. Perempuan itu berlari sambil berteriak minta tolong," kata saksi lainnya, Issa Mohamed.

Sepanjang 2012, sedikitnya 18 pekerja media tewas di Somalia. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Somalia juga tercatat sebagai negara dengan jumlah wartawan tewas terbanyak, setelah Suriah.

Rahmo Abdukadir adalah jurnalis ketiga yang tewas dibunuh tahun ini. Pada Januari lalu, seorang jurnalis Radio Shabelle, Mogadishu, juga tewas ditembak.

Seorang jurnalis lain tewas akibat bom bunuh diri di Mogadishu awal bulan ini. Namun, sejauh ini belum satupun tersangka terkait pembunuhan jurnalis ini ditahan.

Meski belum diketahui pasti dalang pembunuhan para jurnalis ini, tetapi berbagai aksi kekerasan seperti pembunuhan dan pengeboman kerap didalangi kelompok militan Al-Shabab.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com