Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semalam, Bentrok Warga Terjadi di Tiga Lokasi Ambon

Kompas.com - 25/03/2013, 15:26 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Intensitas bentrok antarwarga di Ambon terus meningkat akhir-akhir ini. Dalam sehari saja, Minggu (24/3/2013) malam, telah terjadi bentrokan antarwarga di tiga lokasi berbeda di Kota Ambon, yakni di kawasan Skip, Kecamatan Sirimau; kawasan Kate-kate, dan Desa Laha serta Tawiri, Kecamatan Teluk Dalam, Ambon.

Kepala Kepolisian Resor Pulau Ambon Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Suharwiyono kepada wartawan, Senin (25/3/2013) siang, membenarkan adanya bentrokan di tiga kawasan tersebut. Menurutnya, bentrokan kebanyakan dipicu oleh minuman keras dan kesalahpahaman.

Khusus untuk bentrok antara warga Laha dan Tawiri, polisi telah menahan satu orang warga di Mapolsek Bandara Pattimura. Warga kedua desa saling serang dengan menggunakan batu sejak minggu malam dan mengakibatkan beberapa orang terluka.

Kapolres mengungkapkan, untuk mengatasi aksi serupa, pihaknya akan mengambil sejumlah langkah, di antaranya membangun koordinasi dan komunikasi yang intens dengan seluruh tokoh masyarakat.

"Kita juga akan menggelar sweeping bersama TNI dan akan membangun pos-pos pengamanan di kawasan yang dianggap rawan," jelasnya.

Menurut Suharwiyono, langkah tersebut diambil karena aparat keamanan juga membutuhkan kontribusi tokoh masyarakat untuk menciptakan situasi keamanan di masyarakat.

"Polisi tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan tokoh masyarakat, dan yang terpenting kita berharap ada kesadaran dari warga untuk saling menahan diri," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com