Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Tabung Gas, Pencuri Dihakimi Massa di Johar Baru

Kompas.com - 23/03/2013, 18:27 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Helmy (34), seorang warga Johar Baru, Jakarta Pusat, menjadi bulan-bulanan massa setelah ia mencuri sebuah tabung gas 3 kilogram di sebuah rumah di Jalan Pulo Gundul, Johar Baru. Helmy tertangkap basah tengah menenteng tabung gas oleh pemilik rumah yang kemudian meneriakinya.

Kejadian tersebut berlangsung ketika rumah milik Herawati tengah ditinggalkan pemiliknya yang sedang berolahraga pagi, Sabtu (23/3/2013). Melihat rumah tak berpenghuni, Helmy masuk melewati jendela di samping pintu masuk rumah sekitar pukul 08.30 WIB. Ia kemudian mengambil tabung gas di dapur.

"Ketika pelaku hendak keluar, kebetulan yang punya rumah masuk," ujar Kanit Reskrim Polsek Johar Baru Ajun Komisaris Haryadi Prabowo, Sabtu.

Melihat ada orang asing di dalam rumahnya, Herawati yang kaget lantas bertanya kepada Helmy. Ketika ditanya, Helmy justru lari, sehingga sang pemilik rumah tersebut langsung berteriak, "Maling!". Warga yang mendengar teriakan di sekitar lokasi langsung mengejar pelaku.

Helmy tertangkap di dekat perlintasan kereta Johar Baru dan kemudian dihakimi oleh warga. Dalam kondisi tak berdaya, Helmy tertolong oleh tindakan Ketua RT 04 Johar Baru Tasmadi Salim yang langsung melerai dan membawa Helmy ke Mapolsektro Johar Baru.

"Dari pengakuan pelaku, ia terpaksa melakukan aksi pencurian karena tidak memiliki uang untuk bayar kosan dan biaya hidup keluarganya," kata Haryadi.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil menemukan barang bukti berupa tabung gas 3 kilogram milik Herawati. Helmy dijerat dengan Pasal 365 KUHP dan ancaman lima tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com