Penulis Novel Horor James Herbert Meninggal

Kompas.com - 22/03/2013, 09:41 WIB
EditorJodhi Yudono

LONDON, KOMPAS.com--Penulis horor terlaris Inggris James Herbert, yang menulis novel diantaranya "The Rats" dan "The Fog", telah meninggal dunia mendadak pada usia 69 tahun, demikian disampaikan pihak penerbitnya.

Editor Herbert di penerbit Pan Macmillan, Jeremy Trevathan, mengatakan bahwa penulis itu meninggal pada Rabu pagi di tempat tidur di rumahnya di Sussex.

Penyebab kematiannya tidak disampaikan, tetapi juru bicara penerbit mengatakan Herbert tidak pernah sakit.

Herbert menulis 23 novel, diterbitkan dalam 34 bahasa dan terjual lebih dari 54 juta kopi di seluruh dunia selama karier menulisnya yang berlangsung hampir 40 tahun.

Empat dari novelnya dituangkan t menjadi film: "The Survivor", "Fluke", "Haunted" dan "The Rats", yang versi layar peraknya diberi judul "Deadly Eyes".

"Jim Herbert adalah salah satu penulis penting dalam genre yang memiliki masa jayanya pada tahun 1970-an dan 1980-an," kata Trevathan dalam pernyataan melalui email.

"Ini adalah bukti kebenaran tulisannya dan kreativitasnya yang abadi di mana buku-bukunya terus menjadi buku terlaris besar tepat sampai pada kematiannya."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Herbert, yang lahir di East End London, bekerja sebagai direktur seni di satu biro iklan setelah belajar di perguruan tinggi seni dan mulai menulis novel pertamanya ketika ia berusia 28.

Novel pertamanya, "The Rats", menggambarkan serbuan mutan, tikus pemakan daging, di London yang kemudian dirilis pada tahun 1974 dan cetak pertamanya sebanyak 100.000 eksemplar terjual habis dalam tiga pekan.

Ini membuka jalan bagi Herbert untuk menjadi penulis horor Inggris terkemuka.

Herbert, yang merancang sampul buku sendiri, dianugerahi OBE pada 2010, tahun yang sama ia membuat Grand Master Horror oleh Konvensi Horor Dunia.

Ia meninggalkan istrinya Eileen, dan tiga putri mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.