Kompas.com - 22/03/2013, 08:47 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - IHI Corporation, perusahaan yang bergerak di industri alat berat asal Jepang - melalui grup usahanya - berminat menggarap potensi pasar di Indonesia.

General Manager Jakarta Representative Office IHI Corporation Masafumi Murasugi di Jakarta, Kamis (21/3/2013) mengatakan, pihaknya ingin semakin mempromosikan perusahaan dan berinvestasi lebih besar untuk mengembangkan bisnis di Indonesia kalau ada permintaan lebih banyak.

"Kami punya pabrik boiler di Cilegon dengan kapasitas besar, 1.000 mega. Ini paling besar di Indonesia karena kami dengar kapasitas boiler yang dibuat di Indonesia selama ini berkisar 500-600 mega," kata Murasugi.

IHI menyatakan kesiapannya memenuhi permintaan katrol di pabrik mereka yang ada di Cilegon tersebut, yakni PT Cilegon Fabricators. Penuturan Murasugi, mereka juga menjual kompresor dan memasang crane (katrol) di pabrik pembuatan onderdil otomotif yang terkait dengan Jepang.

Menurut dia, banyak permesinan katrol buatan mereka yang bisa dipakai oleh pelabuhan baru di Indonesia. "Crane yang dipasang di pelabuhan Semarang itu juga buatan kami," tutur Manager Regional Strategic Group, Global Strategic Planning Department IHI Corporation Takahisa Nagai.

Nilai penjualan produk IHI Corporation di Jepang tahun 2012 sekitar 1,2 triliun yen atau setara Rp 120 triliun. Adapun total nilai penjualan di Indonesia tahun 2012 dua miliar yen atau sekitar Rp 200 miliar. "Target kami penjualan akan terus meningkat," kata Murasugi.

Sementara itu Manager Jakarta Representative Office IHI Corporation Benedictus A Adijaya menuturkan, PT Cilegon Fabricators membangun satu workshop lagi untuk melengkapi tujuh unit workshop yang sudah ada sebelumnya. Adijaya mengatakan, PT IHI Gasifications Indonesia, grup usaha IHI Corporation lainnya, memiliki proyek percontohan gasifikasi batubara, yakni membuat gas dari batubara kualitas rendah, dengan Pupuk Kujang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.