Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHI Corporation Minat Garap Pasar Indonesia

Kompas.com - 22/03/2013, 08:47 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - IHI Corporation, perusahaan yang bergerak di industri alat berat asal Jepang - melalui grup usahanya - berminat menggarap potensi pasar di Indonesia.

General Manager Jakarta Representative Office IHI Corporation Masafumi Murasugi di Jakarta, Kamis (21/3/2013) mengatakan, pihaknya ingin semakin mempromosikan perusahaan dan berinvestasi lebih besar untuk mengembangkan bisnis di Indonesia kalau ada permintaan lebih banyak.

"Kami punya pabrik boiler di Cilegon dengan kapasitas besar, 1.000 mega. Ini paling besar di Indonesia karena kami dengar kapasitas boiler yang dibuat di Indonesia selama ini berkisar 500-600 mega," kata Murasugi.

IHI menyatakan kesiapannya memenuhi permintaan katrol di pabrik mereka yang ada di Cilegon tersebut, yakni PT Cilegon Fabricators. Penuturan Murasugi, mereka juga menjual kompresor dan memasang crane (katrol) di pabrik pembuatan onderdil otomotif yang terkait dengan Jepang.

Menurut dia, banyak permesinan katrol buatan mereka yang bisa dipakai oleh pelabuhan baru di Indonesia. "Crane yang dipasang di pelabuhan Semarang itu juga buatan kami," tutur Manager Regional Strategic Group, Global Strategic Planning Department IHI Corporation Takahisa Nagai.

Nilai penjualan produk IHI Corporation di Jepang tahun 2012 sekitar 1,2 triliun yen atau setara Rp 120 triliun. Adapun total nilai penjualan di Indonesia tahun 2012 dua miliar yen atau sekitar Rp 200 miliar. "Target kami penjualan akan terus meningkat," kata Murasugi.

Sementara itu Manager Jakarta Representative Office IHI Corporation Benedictus A Adijaya menuturkan, PT Cilegon Fabricators membangun satu workshop lagi untuk melengkapi tujuh unit workshop yang sudah ada sebelumnya. Adijaya mengatakan, PT IHI Gasifications Indonesia, grup usaha IHI Corporation lainnya, memiliki proyek percontohan gasifikasi batubara, yakni membuat gas dari batubara kualitas rendah, dengan Pupuk Kujang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com