Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman Teror Bom di Kediri Masih Jadi Misteri

Kompas.com - 20/03/2013, 15:58 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Pelaku maupun motif ancaman bom yang menimpa Sekolah Dasar Negeri Gondang di Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (20/3/2013), masih menjadi misteri. Kepolisian setempat hingga kini masih melakukan penyelidikan terhadap teror yang terjadi hingga dua kali itu.

Kepala Polsek Plosoklaten, Ajun Komisaris Heri Siswoko mengatakan, selain melakukan pelacakan terhadap nomor telepon yang digunakan melakukan pengancaman, pihaknya juga akan meminta keterangan dari pihak sekolah. Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengungkap kemungkinan adanya permasalahan menyangkut sekolah yang terjadi sebelumnya.

"Selain itu juga meningkatkan patroli lapangan," kata AKP Heri Siswoko.

Sebagaimana diberitakan, seseorang yang tidak dikenal mengirim pesan pendek berisi teror bom kepada para guru sekolah tersebut. Ancaman itu dikirimkan ke nomor ponsel milik Suwardi selaku Kepala Sekolah dan tiga orang guru masing-masing Sri Hartini, Tri Wahyuning Lestari serta Maspiyah, sesaat sebelum sebelum jam pelajaran dimulai.

Ancaman tersebut berbunyi "SD GONDANG MAU ADA BOM LAGI. KALIAN MASIH SELAMAT KEMARIN. KALI INI JANGAN MAEN2 JANGAN LAPOR POLISI".

Menyikapi adanya ancaman itu, pihak sekolah kemudian segera memulangkan para siswa. Namun mereka dengan sengaja tidak memberitahukan alasan pemulangan itu demi menghindari adanya kepanikan.

Di saat yang bersamaan, pihak sekolah juga melaporkan kejadian itu kepada polisi. Sebuah tim penjinak bom dari Subden 1 Den C Pelopor Satbrimob Polda Jatim di Kediri diturunkan untuk melakukan penyisiran.

Dengan perlengkapan yang ada, mereka memeriksa seluruh kawasan sekolah dan tidak menemukan benda yang mencurigakan, apalagi bom. Ancaman ini merupakan kali kedua yang menimpa sekolah tersebut. Pada Sabtu (16/3/2013), sekolah juga mendapat ancaman bom. Saat itu penerima pesan juga orang yang sama minus Maspiyah. Tim penjinak bom juga diturunkan dan tidak menemukan adanya bom. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com