Kompas.com - 20/03/2013, 05:17 WIB
|
EditorFarid Assifa

KEDIRI, KOMPAS.com — Belasan anggota Pramuka dari SMK NU Pace Nganjuk yang tengah berkemah di kawasan Gunung Klothok, Kota Kediri, Jawa Timur, dilarikan ke ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Gambiran setelah diserang ribuan lebah, Selasa (19/3/2013) petang.

Tercatat ada 11 dari total 13 peserta kemah dalam rangka kenaikan tingkat yang harus mendapat perawatan petugas medis. Anggota Pramuka yang rata-rata pelajar putri itu menderita bengkak akibat disengat lebah hitam besar. Lebah jenis itu oleh masyarakat sekitar disebut tawon Gung dan terkenal galak.

"Seusai mendapat perawatan, mereka sudah langsung diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik," kata Nitrasari, juru bicara RSUD Gambiran saat dikonfirmasi Kompas.com.

Informasi yang dihimpun, serangan lebah tersebut terjadi saat para anggota Pramuka pulang dari mendaki gunung yang terletak di bagian barat kota Kediri. Serangan yang datang tanpa diketahui sebabnya itu membuat para anggota Pramuka panik dan berlarian. Beberapa dari mereka dapat menyelamatkan diri sementara sebagian lainnya terjebak di lokasi.

Dua orang yang dapat menyelamatkan diri itu bergegas turun gunung dan meminta bantuan warga yang mereka temui. Warga kemudian menyusul ke gunung guna melakukan pertolongan.

Kondisi korban cukup memprihatinkan, bahkan beberapa di antaranya sempat pingsan dan dibopong turun gunung. Dibantu petugas polisi, para korban dibawa ke rumah sakit. "Pembina juga ada yang kena sengatan," kata Nuning, salah satu peserta kepada wartawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.