Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Lebah Serang Anggota Pramuka, Belasan Orang Terluka

Kompas.com - 20/03/2013, 05:17 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Belasan anggota Pramuka dari SMK NU Pace Nganjuk yang tengah berkemah di kawasan Gunung Klothok, Kota Kediri, Jawa Timur, dilarikan ke ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Gambiran setelah diserang ribuan lebah, Selasa (19/3/2013) petang.

Tercatat ada 11 dari total 13 peserta kemah dalam rangka kenaikan tingkat yang harus mendapat perawatan petugas medis. Anggota Pramuka yang rata-rata pelajar putri itu menderita bengkak akibat disengat lebah hitam besar. Lebah jenis itu oleh masyarakat sekitar disebut tawon Gung dan terkenal galak.

"Seusai mendapat perawatan, mereka sudah langsung diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik," kata Nitrasari, juru bicara RSUD Gambiran saat dikonfirmasi Kompas.com.

Informasi yang dihimpun, serangan lebah tersebut terjadi saat para anggota Pramuka pulang dari mendaki gunung yang terletak di bagian barat kota Kediri. Serangan yang datang tanpa diketahui sebabnya itu membuat para anggota Pramuka panik dan berlarian. Beberapa dari mereka dapat menyelamatkan diri sementara sebagian lainnya terjebak di lokasi.

Dua orang yang dapat menyelamatkan diri itu bergegas turun gunung dan meminta bantuan warga yang mereka temui. Warga kemudian menyusul ke gunung guna melakukan pertolongan.

Kondisi korban cukup memprihatinkan, bahkan beberapa di antaranya sempat pingsan dan dibopong turun gunung. Dibantu petugas polisi, para korban dibawa ke rumah sakit. "Pembina juga ada yang kena sengatan," kata Nuning, salah satu peserta kepada wartawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com