Kompas.com - 20/03/2013, 01:27 WIB
|
EditorFarid Assifa

MAGELANG, KOMPAS.com — Bagi masyarakat pedesaan, aktivitas bercocok tanam adalah hal biasa. Namun bagi masyarakat perkotaan, aktivitas tersebut adalah hal unik dan menarik. Bahkan tak jarang, kegiatan pertanian menjadi kegiatan wisata untuk menyegarkan suasana di sela rutinitas pekerjaan dan hiruk-pikuk metropolitan.

Inilah yang kemudian melatarbelakangi beberapa warga Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Masyarakat Mendut mengemas aktivitas pertanian menjadi sebuah paket wisata yang diorganisasi oleh The Joglo Family Hotel & Homestay. Kegiatan seperti mengembala bebek, menanam padi, membajak sawah, memandikan kerbau, memetik sayuran, dan menangkap ikan dikemas menarik yang diberi nama ''Ekowisata Borobudur'' (Borobudur Ecotourism) diluncurkan pertama kali kepada publik, Selasa (19/3/2013).

Habib Syafingi, pemilik The Joglo Family Hotel, menuturkan, paket ekowisata ini menawarkan aktivitas pertanian tradisional yang unik. Bagi masyarakat perkotaan, khususnya para pelajar, kegiatan ini akan menjadi bagian dari pariwisata dan edukasi tersendiri.

''Selama puluhan abad, pertanian tradisional yang berkembang di Jawa menjadi bagian peradaban manusia. Dalam paket wisata ini secara tak langsung, selain wisata ada proses pembelajarannya tentang produk peradaban pertanian,'' ujarnya, Selasa (19/3/2013).

Menurutnya, segmen yang menjadi konsumennya adalah pelajar baik domestik maupun asing, tapi juga melayani wisata keluarga dengan jumlah peserta yang lebih sedikit. Keterlibatan 100 persen wisatawan dalam aktivitas pertanian menjadi bagian dari kelebihan paket ekowisata ini.

''Kami mencoba mengajak para wisatawan untuk terjun langsung ke sawah, belepotan lumpur, naik kerbau memang suasananya seperti itu yang kita buat. Mereka akan menikmati seperti itu dan tak hanya melihat saja dari pematang sawah,'' katanya.

Bagi pelajar yang telah lama tinggal di kota maupun wisatawan asing, kegiatan ekowisata ini akan memberikan pengalaman yang tidak pernah terlupakan. Dokumentasi baik video maupun foto akan menjadi kenang-kenangan tersendiri bagi wisatawaan yang mengambil paket ini.

Selain paket tersebut, The Joglo Family Hotel & Homestay juga menyediakan wisata edukasi berupa training membatik, membuat kerajinan dari gerabah, kerajinan dari bambu, serta paket pengembangan soft skill.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.